Kolonel Sjam, Sang Harimau Siliwangi Penjaga Jenderal TNI Umar Meninggal Dunia

VIVA Militer: Perjalanan hijrah Pasukan Siliwangi
Sumber :
  • Dokumen Departemen Penerangan RI

VIVA – Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... TNI berduka..

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Salah satu perwira TNI Angkatan Darat, Pahlawan Kemerdekaan Republik Indonesia, Kolonel (Purn) Sjamsoedin Usman telah berpulang untuk selamanya.

Informasi yang didapatkan VIVA Militer, 10 September 2024, almarhum Kolonel Sjam meninggal dunia pada 7 September 2024, beliau wafat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bogor, Jawa Barat, karena sakit yang dideritanya.

Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

Almarhum Kolonel Sjamsoedin Usman meninggal dunia di usia ke 94 tahun. Dan jenazah almarhum telah dikebumikan secara militer oleh prajurit TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0606/Kota Bogor di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dreded, Bogor Tengah.

VIVA Militer: Perjalanan hijrah Pasukan Siliwangi

Photo :
  • Dokumen Het Nationaal Archief
Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Mendadak Muncul di Permukaan Laut RI, Marinir TNI Siaga

Untuk diketahui, semasa hidupnya almarhum Kolonel Sjamsoedin Usman mengbadikan diri sebagai prajurit TNI sejak 1946.

Beliau merupakan salah satu Harimau Siliwangi yang ikut dalam longmarch hijrahnya Pasukan Siliwangi dari Jawa Barat ke Yogyakarta, usai terjadinya penandatanganan perjanjian Renville antara Belanda dan Pemerintah RI pada 17 Januari 1948.

Dalam perjalanan hijrah itu, beliau sempat dipercaya untuk menjadi staf pribadi Jenderal TNI (Purn.) Umar Wirahadikusumah saat mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) dan Panglima Kostrad ke-2 itu menjadi Komandan Batalyon IV Brigade XIII/ Kian Santang Divisi Siliwangi.

Baca: Ini Dia Sosok Jenderal TNI Penyandang Brevet Langka Kostrad Penjaga Jokowi di Aceh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya