Bertemu Kasad Jepang, Jenderal Maruli Bahas Kerjasama Strategis Dua Angkatan

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak bertemu Kasad Jepang
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta, VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini menerima kunjungan kehormatan Chief of Staff Japan Ground Self Defence Force atau Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jepang, Jenderal Yasunori Morishita di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Rabu, 4 September 2024.

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

Kedua jenderal bintang empat dua negara sahabat itu membahas penguatan kolaborasi dalam mitigasi bencana dan pelaksanaan Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) besar-besaran antara TNI AD dan Angkatan Darat Jepang.

Kolaborasi peningkatan kerja sama antara kedua Angkatan Darat negara di kawasan Asia itu, termasuk diantaranya penanggulangan bencana seperti gempa bumi dan tsunami. 

Mutasi Besar-besaran Terjadi, 22 Jenderal Tinggalkan TNI dan Seorang Mayjen Meninggal Dunia

Selain itu, keduanya juga menyoroti pentingnya memperkuat hubungan militer yang telah terjalin baik, terutama melalui Latgabma Super Garuda Shield 2024, dimana pasukan dari kedua negara terlibat didalamnya.

Di hadapan Kasad Jepang, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan apresiasinya atas kerja sama yang telah terjalin lama dengan Pasukan Bela Diri Darat Jepang, serta menegaskan bahwa hubungan ini tidak hanya akan mempererat hubungan kedua angkatan, tetapi juga menjadi dasar yang kuat untuk hubungan diplomatik yang lebih luas.

Jiplak Rezim Nazi Hitler, Militer Ukraina Bangun Kamp Konsentrasi di Rusia

"Kami berharap kerja sama ini menjadi landasan untuk hubungan yang lebih kuat berdasarkan rasa saling percaya, saling menghormati, dan persahabatan antara kedua negara. Terutama dalam menghadapi tantangan keamanan yang semakin kompleks di kawasan Indo-Pasifik," kata KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer.

Untuk diketahui, Pasukan Bela Diri Angkatan Darat Jepang saat ini ikut terlibat dalam latihan militer besar-besaran Latgabma Super Garuda Shield 2024,  termasuk dalam kegiatan penerjunan CDS dan Airborne bersama pasukan TNI AD dari Yonif 330/Tri Darma di Puslatpur TNI AD, Baturaja, Sumatera Selatan.

VIVA Militer: Jenderal TNI MS dan Letjen TNI SM

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Jabatan apakah itu?...

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024