2 Kolonel Mantan Komandan Grup 1 Kopassus Pecah Bintang Jadi Brigadir Jenderal TNI

VIVA Militer: Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi
Sumber :
  • Penerangan Kopassus

VIVA – Sebanyak perwira tinggi TNI Angkatan Darat baru saja mendapatkan rejeki kenaikan pangkat satu tingkat dari sebelumnya.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Kenaikan pangkat ini terjadi setelah Panglima TNI menerbitkan Surat Perintah bernomor Sprin/1719/VIII/2024 tanggal 28 Agustus 2024.

Dari 52 pati itu, ada sebanyak 3 perwira yang melesat naik satu tingkat hingga berpangkat Letnan Jenderal (Letjen). Mereka yaitu Letjen TNI Djaka Budi Utama yang saat ini menjabat Inspektur Jenderal di Kementerian Pertahanan.

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

VIVA Militer: Kenaikan pangkat pati TNI AD

Photo :
  • TNI AD

Lalu ada Letjen TNI Bambang Trisnohadi yang baru saja menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III. serta Letjen TNI Mohmad Hasan yang juga baru naik jadi Panglima Kostrad menggantikan Letjen TNI M Saleh Mustafa.

Mutasi Besar-besaran Terjadi, 22 Jenderal Tinggalkan TNI dan Seorang Mayjen Meninggal Dunia

Dan ada sebanyak 10 perwira yang naik dari pangkat Brigjen TNI menjadi Mayor Jenderal TNI. Serta 37 Kolonel yang baru saja pecah bintang hingga menyandang pangkat bintang satu alias Brigjen TNI.

Nah dari 37 Kolonel yang pecah bintang itu, ada dua nama yang menarik perhatian VIVA Militer. Yaitu Brigjen TNI Enoh Solehudin dan Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi.

VIVA Militer: Kenaikan pangkat pati TNI AD

Photo :
  • Puspen TNI

Kenapa kedua pati ini menarik perhatian?

Begini lho, ternyata Brigjen TNI Enoh Solehudin dan Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi ini sama-sama pernah memangku jabatan yang sama di salah satu grup di lingkungan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Jadi mereka ini sama-sama adalah mantan Komandan Grup 1 Para Komando, Kopassus.

Jadi delapan tahun lalu, yaitu pada tahun 2016, Brigjen TNI Enoh Solehudin dipercaya untuk menggantikan Kolonel Inf Sudaryanto (Sekarang Kapuslola Kawasan Bainstrahan Kementerian Pertahanan dengan pangkat Brigjen TNI-red). Jadi ia berstatus sebagai Komandan Grup 1 Kopassus ke-26.

VIVA Militer: Serah terima jabatan pati Kodam Pattimura

Photo :
  • Kodam Pattimura

Brigjen TNI Enoh Solehudin pecah bintang setelah beberapa waktu lalu telah resmi dipercaya menjabat Komandan Komando Resor Militer(Danrem) 152/Baabullah, Kodam Pattimura menggantikan Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga Kesumawide yang ditarik ke Bandung untuk menjabat Direktur Latihan Kodiklat TNI Angkatan Darat.

Sedangkan Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi adalah Komandan Grup 1 Kopassus ke-28. Ia menjabat setahun setelah Brigjen TNI Enoh, yaitu pada tahun 2017. Ketika itu ia menggantikan Kolonel Inf Djon Afriandi yang sekarang menjabat Danjen Kopassus.

VIVA Militer: Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi

Photo :
  • Penerangan Kopassus

Brigjen TNI Yuri Elias Mamahi ini pecah bintang setelah dipercaya untuk balik lagi ke Kopassus untuk menjabat Ir Kopassus menggantikan Mayjen TNI Husein Sagaf yang ditarik ke Mabesad untuk jadi Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Wassus dan LH.

Dengan pangkat baru ini, semoga Brigjen TNI Enoh dan Brigjen TNI Yuri selalu diberikan kebaikan oleh Tuhan YME.. Dan sukses selalu..

Baca: Kisah Nyata 35 Tahun Kolonel Kopassus TNI Menjaga Nyawa Paus Hingga Semua Pasukan Teler di Pesawat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya