Ratusan Militer Asing dan TNI Penuhi Langit Baturaja, Jenderal Agus Tinjau Langsung SGS 2024

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto tinjau langsung SGS 2024
Sumber :
  • Puspen TNI

Baturaja, VIVA – Ratusan personel militer dari berbagai negara dan TNI memenuhi langit Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Mereka melakukan aksi penerjunan dalam rangka Latihan Gabungan Bersama (Latgabma) Super Garuda Shield (SGS) 2024 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kamis, 29 Agustus 2024.

Bertemu Prabowo di Hanoi, Presiden To Lam Minta TNI Bisa Latih Perwira Vietnam

Aksi spektakuler ratusan prajurit TNI dan militer asing itu disaksikan langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto serta para pimpinan militer negara-negara sahabat lainnya.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Angkatan Bersenjata negara-negara sahabat yang turut ambil bagian dalam penerjunan pada Latgabma SGS tahun 2024 diantaranya adalah US Army Satuan B Troop 1-40 Cav Airborne, TNI dari Yonif 330/Kostrad dan dari Denmatra Kopasgat TNI AU, serta Japan Ground Self-Defense Force (JGSDF) 1 ST Airborne Brigade atau Angkatan Darat Bela Diri Jepang.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

VIVA Militer: Peserta Latgabma Super Garuda Shield gelar penerjunan di Baturaja

Photo :
  • Puspen TNI

Para penerjun diangkut dengan empat pesawat Hercules jenis C-130 milik US Army dan TNI AU menuju tempat penerjunan di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Sebelum penerjunan dilaksanakan didahului pendaratan 4 set Cargo Delivery System (CDS) yang menggunakan Payung Parasit jenis PUB-12D dengan membawa beban 800 kg. 

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

Setelah itu, ratusan peserta Latihan militer bertaraf internasional, Super Garuda Shield melaksanakan penerjunan secara berturut-turut dipimpin oleh Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 330/Tri Dharma Letkol Inf Dedy Pungky Irawanto.

Untuk diketahui, latihan penerjunan tersebut masih dalam rangkaian Latgabma SGS tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 26 Agustus sampai 6 September 2024. Latgabma Super Garuda Shield tahun ini digelar di sejumlah titik berbeda, yaitu di Surabaya, Situbondo, Banyuwangi (Jawa Timur), dan Baturaja (Sumatera Selatan).

Latihan tersebut melibatkan kurang lebih 16 negara peserta maupun observer antara lain Amerika Serikat, Australia, Jepang, Indonesia, Perancis, Korea Selatan, Singapura dan Inggris.

Dukungan AS Terhadap Israel Picu Kemarahan Jelang Pemilihan Presiden

Dukungan AS Terhadap Israel Picu Kemarahan di Seluruh Negeri Menjelang Pemilihan Presiden

Menjelang pemilihan presiden AS pada bulan November, suasana politik semakin tegang. Dua isu utama yang menjadi sorotan adalah masalah ekonomi dan krisis di Gaza.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024