Ngeriii, Pasukan Khusus Kopasgat TNI Temukan 3 Kardus Berisi Puluhan Ular di Bagasi Penumpang Garuda

VIVA Militer: Ular yang ditemukan Kopasgat di bagasi penumpang Garuda
Sumber :
  • Kopasgat

VIVA – Siang itu sebenarnya tak ada hal yang menonjol terjadi di Bandar Udara Sentani, Jayapura, Papua. Situasi aman, lalu lintas penerbangan dan arus penumpang pun normal.

Horor, Jet Tempur Rusia Jatuhkan Bom Setengah Ton di Front Timur Ukraina

Walau begitu, tak satupun prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Batalyon Komando (Yonko) 461/Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) lengah dan berleha-leha menikmati kondisi yang aman itu.

Malahan di tengah kepadatan operasional bandara, prajurit pasukan khusus TNI Angkatan Udara terus bersiaga penuh terutama mengawasi orang dan barang yang keluar masuk bandara menuju pesawat.

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

VIVA Militer: Ular yang ditemukan Kopasgat di bagasi penumpang Garuda

Photo :
  • Kopasgat

Mata para prajurit Satgas Yonko 461/Kopasgat enggak cuma mengawasi situasi tapi juga menatap layar monitor X-ray. Sampai akhirnya, ada hal aneh yang berhasil dideteksi di dalam barang bagasi penumpang.

Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

Jadi berdasarkan siaran resmi Kopasgat dilansir VIVA Militer, Selasa 27 Agustus 2024, ada tiga kardus berisi benda aneh. Karena curiga, kardus pun dibuka. Dan benar saja, di dalam tiga kardus berukuran besar itu ditemukan puluhan ekor ular.

Jenis ularnya pun enggak main-main. Ada 17 ekor ular piton jenis Green Tea atau dikenal dengan Sanca Pohon Hijau (Morelia Viridis) ; kemudian 4 ekor piton raksasa berjenis Piton Zaitun Papua (Liasis Olivaceus); dan 39 ekor ular Boa Tanah khas Papua.

VIVA Militer: Ular yang ditemukan Kopasgat di bagasi penumpang Garuda

Photo :
  • Kopasgat

Enggak cuma ular, di dalamnya juga ada berbagai jenis biawak mulai dari biawak pohon soa-soa, biawak ekor biru, dan biawak bakau. Juga ada ratusan ekor kadal mulai dari kadal duri mata merah hingga kadal air. Selain itu juga ditemukan anggrek langka Papua.

Menurut Kepala Seksi Pengamanan Satgas Kopasgat, Letnan Satu Pas Feisal A, ketiga kardus berisi ular itu sedianya akan dibawa ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-657.

"Barang titipan yang berisi berupa hewan reptil/satwa dan tumbuhan dilindungi ini, rencana nya akan dikirimkan ke Jakarta dengan menggunakan Garuda Indonesia," kata Lettu Pas Feisal A.

VIVA Militer: Ular yang ditemukan Kopasgat di bagasi penumpang Garuda

Photo :
  • Kopasgat

Akhirnya ketiga kardus bersama semua isinya diamankan. Lalu Komandan Satgas Kopasgat, Letkol Pas Agus mengadakan rapat internal dengan Manager Angkasa Pura, Andreas; Kilo Garuda, Wendy; dan Kapolsek KP3, Iptu Majedy.

"Saat ini pelaku penyelundupan satwa dilindungi itu sudah diamankan dan pengembangan kasusnya kita serahkan ke kepolisian. Dan satwa yang dilindungi sudah diserahkan ke BKSDA untuk dikembalikan ke habitatnya," ujar Letkol Pas Agus.

Baca: Penjahat Misterius Kerjai Bos Hotel, Ngaku TNI dari Kodim Booking Belasan Kamar Plus Makan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya