Viral, 9 Ranpur Anoa TNI Bergerak Kepung KPU RI, Mabesad Angkat Bicara

VIVA Militer: Iring-iringan alutsista tempur TNI masuk Jakarta
Sumber :
  • Medsos

Jakarta, VIVA – Sejumlah iring-iringan Kendaraan Tempur (Ranpur) Anoa dan truk militer viral di media sosial. Iringan-iringan alutsista milik TNI AD yang terekam dalam sebuah video pendek itu diunggah oleh akun XJe @jayarjuna7 di media sosial X dengan narasi tulisan yang berbunyi "Jakarta Siaga 1, Lokasi Raya Bogor, Militer Merapat ke Ibu Kota, ada apa?”

Horor, Jet Tempur Rusia Jatuhkan Bom Setengah Ton di Front Timur Ukraina

Bahkan, terdapat sebuah komentar dalam video tersebut bahwa iring-iringan alutsista TNI AD itu bergerak menuju kantor KPU RI untuk pengamanan KPU, bahkan untuk melakukan kudeta. 

Menanggapi isu tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) Kolonel Inf Wahyu Yudhayana menegaskan, bahwa opini yang beredar di akun media sosial "X" milik XJe @jayarjuna7 itu merupakan informasi sesat dan berpotensi membuat kegaduhan jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024.

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Kendati demikian, Kadispenad membenarkan bahwa ada pergerakan sejumlah alutsista milik TNI AD dari satuan Brigif 1/PIK pada hari Minggu malam, 25 Agustus 2024 menuju Jakarta. Namun, lanjut Kadispenad, iring-iringan sejumlah alutsista TNI itu menuju Markas Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dalam rangka persiapan pergeseran alutsista dan pasukan untuk pengamanan KTT Indonesia - Afrika Forum di Bali.

"Memang benar telah dilaksanakan pergeseran sembilan unit Ranpur Anoa dari Jajaran Brigif 1/PIK menuju Kolinlamil, Tanjung Priuk, malam ini (25/8/2024). Pergeseran tersebut dalam rangka persiapan kegiatan pengamanan KTT Indonesia-Afrika Forum di Bali," kata Kadispenad Kolonel Inf Wahyu Yudhayana dalam keterangan yang diterima VIVA Militer, Senin, 26 Agustus 2024.

Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

Lebih jauh Kadispenad menjelaskan, dalam waktu dekat ini Indonesia kembali mendapatkan kepercayaan sebagai Tuan Rumah dua forum internasional yaitu High-Level Forum on Multi-Stakeholder Partnership (HLF MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) yang akan digelar pada 1-3 September 2024 di Bali.

Forum internasional tersebut, lanjut Kolonel Wahyu, merupakan ajang penting untuk memperkuat kolaborasi internasional dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. 

Kegiatan ini rencananya mengundang seribu peserta, yang terdiri dari kepala negara/pemerintah, kepala organisasi internasional, pejabat pemerintah setingkat menteri, bank pembangunan multilateral, swasta, organisasi masyarakat sipil, filantropi, hingga akademisi.

“Banyak tamu penting yang akan hadir dalam kegiatan tersebut, untuk itu pengamanannya juga harus maksimal, termasuk perkuatan Ranpur tadi. Jadi, tidak benar kalau dikatakan itu untuk seperti yang disampaikan di akun tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, Kadispenad mengajak masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi oleh informasi dan opini liar yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta membiasakan untuk cek dan ricek ke sumber-sumber resmi yang terkait. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya