Resmi Dilantik Jadi Kadispenad Gantikan Brigjen TNI Kristomei, Kolonel Wahyu Pecah Bintang

VIVA Militer: Brigjen TNI Kristomei serahkan jabatan Kadispenad ke Kolonel Wahyu
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta, VIVA – Rotasi kepemimpinan di lingkungan TNI Angkatan Darat Kembali dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Pagi tadi, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak telah melantik Kolonel Inf Wahyu Yudhayana menjadi Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad) menggantikan Brigjen TNI Kristomei Sianturi.

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Pelantikan Kadispenad baru itu ditandai dengan Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di AULA A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, usai Upacara Serah Terima Jabatan, jajaran Dispenad menggelar tradisi pelepasan Kadispenad lama Brigjen TNI Kristomei Sianturi dengan simbolisasi penyerahan Panji Kebesaran Pusara Warastra Pesan Cakti kepada Kolonel Inf Wahyu Yudhayana.

Perang China, Amerika Siagakan Pasukan Elite Pembunuh Osama bin Laden

Dalam kesempatan itu, Brigjen TNI Kristomei Sianturi menyampaikan selamat kepada Kolonel Inf Wahyu Yudhayana yang telah mendapatkan kepercayaan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai pejabat Kadispenad yang baru. 

"Jadi hari ini sudah dilaksanakan serah terima jabatan, tadi Bapak KSAD sudah menyerahterimakan beberapa jabatan di TNI AD termasuk jabatan Kepala Dinas Penerangan TNI AD dari saya Brigjen Kristomei Sianturi kepada Kolonel Inf Wahyu Yudhayana. Jadi artinya kami berharap bahwa walaupun terjadi pergantian pejabat, tapi kesinambungan kerja sama antara TNI AD dengan teman-teman media tetap berlanjut, bahkan ditingkatkan. Sehingga visi dan misi Angkatan Darat itu bisa sampai kepada masyarakat di tanah air," kata Brigjen TNI Kristomei Sianturi yang saat ini akan menduduki jabatan Komandan Resimen Taruna Akademi Militer.

Misi Jaga IKN, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Tetapkan Ratusan Personel Komcad

Dalam kesempatan yang sama, Kolonel Inf Wahyu menyampaikan rasa syukurnya kehadirat Tuhan YME atas amanah atau jabatan barunya sebagai Kadispenad menggantikan Brigjen TNI Kristomei Sianturi. 

Mantan Wakil Komandan Detasemen Pengamanan Pribadi (Wadandenpampri) Presiden SBY itu menegaskan, dirinya akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Brigjen TNI Kristomei Sianturi terkait dengan menjalankan program-program di lingkungan Dispenad, termasuk dengan menjalin hubungan komunikasi dengan awak media di masa mendatang.

"Pertama, tentu estafet kepemimpinan dari Brigjen Kristomei akan saya lanjutkan. Tugas-tugas, tanggung jawab, program yang sudah dilaksanakan dengan baik selama ini akan kita terus laksanakan," kata Kolonel Inf Wahyu Yudhayana.

"Berikutnya, komunikasi dengan semua lapisan masyarakat, internal, eksternal akan terus kami tingkatkan. Dan yang paling utama dengan rekan-rekan media, tentu akan kita perkuat," tambahnya.

VIVA Militer: KSAD Jenderal Maruli Lantik Kolonel Inf Wahyu.Y jadi Kadispenad

Photo :
  • Dispenad

Kolonel Inf Wahyu meyakini, bahwa Dispenad memiliki peran penting dalam membangun wajah TNI Angkatan Darat di tengah masyarakat. Menurut Kolonel Wahyu, tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap institusi TNI tidak terlepas dari transparansi dan akutabilitas penyampaian media secara akurat dan cepat yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

"Itu nanti akan terus kami pertahankan, kami tingkatkan. Kualitas pemberian layanan kepada masyarakat dengan bahasa yang mudah dipahami, akurat, dan cepat, terverifikasi dengan bagus, sehingga berita itu betul-betul yang bisa dipercaya itu menjadi prioritas. Yang pasti kita akan buka ruang kepada media, masyarakat untuk berkomunikasi dengan Dispenad, dengan TNI AD. Sehingga kita mau menerima saran, masukan, kritik. Sama-sama kita bekerja sama dengan semua pihak. Kita bekerja sama tentu kita akan mewujudkan TNI AD yang semakin PRIMA terus bersatu dengan alam untuk NKRI," ujarnya.

Untuk diketahui, dengan dilantiknya Kolonel Inf Wahyu sebagai Kadispenad, maka Perwira TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) Tahun 1998 itu, akan pecah bintang menjadi jenderal bintang satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI AD.

Profil Singkat Brigjen TNI Wahyu Yudhayana

Untuk diketahui pula, Wahyu Yudhayana juga tercatat pernah menduduki sejumlah posisi penting di lingkungan TNI AD. Diantaranya adalah Wadandenpamins Grup A Paspampres, Wadandenpampri Grup A Paspampres, Pabandya Pam Sintel Kodam Jaya, Dansecaba Rindam Jaya, Danyonif 202/Tajimalela (2014-2015), Dandim 0503/Jakarta Barat (2016-2017), Waaspers Paspampres (2017-2018), Wadan Grup D Paspampres (2018).

Kemudian, ketika berpangkat Kolonel, dia dipercaya menjabat Dandim 0501/Jakarta Barat (2018-2020), Kasi Intel Korem 152/Babullah (2020-2021), Asintel Kodam IV/Diponegoro (2021-2023), dan terakhir Kepala Pusat Komando dan Pengendalian Operasi (Kapuskodalops) TNI AD pada tahun 2023-2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya