Perjalanan Karier Militer Jenderal Berdarah Kopassus Mohamad Hasan yang Kini Jadi Pangkostrad

VIVA Militer: Mayjen TNI Mohamad Hasan resmi dilantik jadi Pangkostrad
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta, VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini resmi melantik Panglima Kodam Jaya atau Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menggantikan Letnan Jenderal (Letjen) TNI Muhammad Saleh Mustafa yang sebentar lagi akan menempati jabatan baru sebagai Irjen TNI.

Aksi Mulia KSAD Maruli Bangun 50 Sumber Air Bersih hingga Sumbang Perahu Pengangkut Sampah di Toba

Pelantikan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu dilakukan dalam Upacara Serah Terima Jabatan yang dipimpin langsung oleh KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Aula Jenderal A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024.

Dalam amanatnya, Kasad Jenderal Maruli mengatakan, bahwa Serah Terima Jabatan di lingkungan TNI AD ini merupakan kebutuhan organisasi yang dinamis dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis. 

Ancam Prancis, Rudal Nuklir Rusia Mampu Hancurkan Kotanya dalam 3 Menit

Jenderal bintang empat TNI AD itu juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan satuan di TNI Angkatan Darat. 

Jenderal Maruli juga menekankan agar para pimpinan Komando Utama (Kotama) satuan TNI AD dapat memahami kebutuhan prajurit baik untuk kebutuhan latihan, penugasan operasi dan peningkatan  kesejahteraan prajurit serta membantu masyarakat dan berharap kepada pejabat baru untuk selalu mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam  memajukan satuan dan peningkatan profesionalitas personel yang mengawaki satuannya maupun membantu berbagai kesulitan masyarakat melalui kegiatan teritorial.

Pilkada Serentak di Depan Mata, Komando Armada III Siap Amankan Wilayah Indonesia Timur

Usai melaksanakan Sertijab, Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dan Pangkostrad baru, Mayjen TNI Mohamad Hasan menggelar tradisi satuan yaitu, upacara pisah sambut di Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat. 

VIVA Militer: KSAD Lantik Mayjen TNI Mohammad Hasan jadi Pangkostrad

Photo :
  • Dispenad

Rekam Jejak Mayjen TNI Mohamad Hasan

Untuk diketahui, Mayjen TNI Mohamad Hasan bukanlah orang baru di lingkungan pejabat teras TNI AD. Perwira Tinggi (Pati) TNI AD lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993 ini merupakan jenderal TNI yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah Kopassus. Dia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di militer, diantaranya Komandan Grup A Paspampres, Danjen Kopassus, Pangdam Iskandar Muda, dan terakhir Pangdam Jaya/Jayakarta. 

Dengan dilantiknya Mayjen TNI Mohamad Hasan sebagai Pangkostrad, sebentar lagi Pati TNI AD kelahiran Bandung, Jawa Barat itu akan menyandang pangkat jenderal bintang tiga emas di pundaknya atau Letnan Jenderal (Letjen) TNI AD.

Berikut ini karier militer Mayjen TNI Mohamad Hasan:

- Danunit Grup 1/Para Komando Kopassus.
- Danton Grup 1/Para Komando Kopassus.
- Danki 113/Kalajengking Grup 1/Para Komando Kopassus.
- Kasi Intel Grup 1/Para Komando Kopassus.
- Danyonif 114/Satria Musara (2009-2011).
- Dandim 0104/Aceh Timur (2011-2013).
- Waaspers Danjen Kopassus (2013).
- Wadan Grup 2/Sandi Yudha Kopassus (2013-2014).
- Asrena Danpaspampres (2014-2016).
- Komandan Grup A Paspampres (2016-2018).
- Danrem 061/Surya Kencana (2018-2019).
- Wadanjen Kopassus (2019-2020).
- Danjen Kopassus (2020-2021).
- Pangdam Iskandar Muda (2021-2023).
- Pangdam Jaya/Jayakarta (2023-2024).
- Pangkostrad (2024—Sekarang).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya