Jenderal Maruli Lantik 12 Perwira Tinggi TNI AD, Ada Nama Pangkostrad hingga Pangdam Jaya

VIVA Militer: KSAD Lantik Mayjen TNI Mohammad Hasan jadi Pangkostrad
Sumber :
  • Dispenad

Jakarta, VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak hari ini memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) 12 pejabat tinggi di lingkungan TNI AD. Upacara Sertijab itu digelar di Aula Jenderal Besar A.H. Nasution, Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Selasa, 20 Agustus 2024.

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Dari 12 pejabat tinggi TNI AD yang mengalami pergantian posisi atau jabatan ada nama Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Mohammad Hasan. Mantan Danjen Kopassus itu resmi dilantik menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) menggantikan Letjen TNI Mohammad Saleh Mustafa yang sebentar lagi akan menduduki jabatan barunya sebagai Irjen TNI.

Dalam kesempatan yang sama, Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak juga melantik Mayjen TNI Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya menjadi Pangdam Jaya menggantikan Mayjen TNI Mohammad Hasan.

Perang China, Amerika Siagakan Pasukan Elite Pembunuh Osama bin Laden

Kemudian jabatan Pangdam V/Brawijaya yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Rafael Granada Baay diserahkan kepada Mayjen TNI Rudy Saladin yang sebelumnya menjabat Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres).

Selain itu, Kasad juga menyerahkan jabatan Pangdam IX/Udayana dari Mayjen TNI Bambang Trisnohadi kepada Mayjen TNI Muhammad Zahroni.

Misi Jaga IKN, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Tetapkan Ratusan Personel Komcad

Tidak hanya itu, posisi Pangdam XVII/Cenderawasih pun turut diganti dari Mayjen TNI Izak Pangemanan diserahkan kepada Mayjen TNI Rudi Puruwito. 

VIVA Militer: KSAD pimpin Sertijab 12 Pati TNI AD

Photo :
  • Dispenad

Sementara itu, sejumlah jabatan lain yang diserahterimakan adalah Asops Kasad dari Mayjen TNI Dian Sundiana kepada Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru, kemudian Danpussenkav dari Mayjen TNI Muhammad Zahroni kepada Mayjen TNI Eko Susetyo, Danpuspenerbad dari Mayjen TNI Dr. Drs. A Jaka Tandang kepada Brigjen TNI Zainuddin, Kapuskesad dari Mayjen TNI Dr. dr. Sukirman kepada Brigjen TNI Dr. Sugiarto.

Lalu, Waka RSPAD Gatot Soebroto dari Mayjen TNI Dr. dr. Moh Arif Hariyanto kepada Mayjen TNI Dr. dr. Sukirman, Dirtopad diserahterimakan dari Brigjen TNI Ir. Adik Sugiyanto kepada Kolonel Kav Hendi Suhendi, serta jabatan Kadispenad dari Brigjen TNI Kristomei Sianturi kepada Kolonel Inf Wahyu Yudhayana yang sebelumnya menjabat Kapuskodalad. 

Dalam kesempatan itu, Kasad Jenderal Maruli mengatakan, serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Darat ini merupakan kebutuhan organisasi yang dinamis dihadapkan dengan perkembangan lingkungan strategis. 

Selain itu, Kasad juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pejabat lama yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan TNI Angkatan Darat.

Jenderal Maruli juga menekankan agar para pimpinan dapat memahami kebutuhan prajurit baik untuk kebutuhan latihan, penugasan operasi  dan peningkatan  kesejahteraan prajurit serta membantu masyarakat dan berharap kepada pejabat baru untuk selalu mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam  memajukan satuan dan peningkatan profesionalitas personel yang mengawaki satuannya maupun membantu berbagai kesulitan masyarakat melalui kegiatan teritorial.

“Terima kasih atas pengabdian di masing-masing jabatan, mudah-mudahan di tempat yang baru bisa  membuat hal-hal yang  baik bagi anggota dan memajukan TNI Angkatan Darat," kata KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di hadapan para Pati TNI AD.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya