Jenderal Iwan Kaget, Prajurit TNI Lulusan Terbaik Kodam Tanjungpura Ternyata Anak Mandor Sawit

VIVA Militer: Lulusan Catam Kodam Tanjungpura
Sumber :
  • Kodam Tanjungpura

VIVA – Pendidikan Pertama Tamtama TNI Angkatan Darat gelombang I tahun 2025 telah resmi ditutup. Namun di balik kegiatan penerimaan prajurit TNI itu banyak kisah menarik yang tak sampai diketahui masyarakat banyak.

Nyali Ciut Hadapi Ganasnya Pasukan Rusia, Tentara Bayaran Minta Perintah Mundur

Salah satunya kisah tentang Nanda Julianto, salah satu dari 106 tamtama PK TNI Angkatan Darat yang baru dilantik Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) Tanjunpura, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan di Lapangan Sapta Marga, Rindam Tanjungpura, Kota Singkawang.

VIVA Militer: Lulusan Catam Kodam Tanjungpura

Photo :
  • Kodam Tanjungpura
Letkol Johny Gantikan Mas Bayu, Bang Derek Melesat Jadi Komandan Pasukan Ular Hijau TNI

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Kodam Tanjungpura dilansir VIVA Militer, Senin 19 Agustus 2024, Nanda Julianto ini mendapatkan kehormatan untuk dilantik langsung oleh Mayjen TNI Iwan Setiawan menjadi prajurit TNI dengan pangkat Prajurit Dua (Prada), karena ia merupakan pemegang gelar lulusan terbaik Dikmata Secata Rindam Tanjungpura.

"Selamat, jadilah prajurit yang disiplin, profesional, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta menjadi prajurit yang selalu berada di hati rakyat," kata perwira tinggi mantan Komandan Jenderal Kopassus itu.

Ledakan Hantam Bandara Internasional Baghdad, Sehari Jelang Kedatangan Presiden Iran

VIVA Militer: Lulusan Catam Kodam Tanjungpura

Photo :
  • Kodam Tanjungpura

Nah saat memberikan medali penghargaan kepada Nanda, Mayjen TNI Iwan dibuat kaget karena ternyata pemuda asal Ketapang ini hanyalah seorang anak kampung yang lahir dan dibesarkan keluarga sederhana.

Nanda merupakan putra dari pasangan Bapak Ariyanto dan Ibu Laila. Ayahnya hanya seorang yang kesehariannya membanting tulang dengan bekerja sebagai mandor di sebuah perkebunan sawit. Sedangkan ibunya cuma seorang ibu rumah tangga.

Memang, Nanda dari dahulu sudah bercita-cita mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan menjadi seorang prajurit TNI. Sayangnya, beberapa kali dia mencoba mendaftar, tapi selalu gagal.

VIVA Militer: Lulusan Catam Kodam Tanjungpura

Photo :
  • Kodam Tanjungpura

Nanda sudah empat kali mendaftarkan diri sebagai prajurit TNI, tiga kali dia ikut pendaftaran calon tamtama dan sekali berjuang di jalur pendaftar calon bintara.

Walau telah resmi bergabung dengan TNI Angkatan Darat, tak berarti Nanda langsung bisa mendapatkan penempatan penugasan. Sebab, selepas dilantik ini ia harus mengikuti pendidikan lanjutan sesuai kecabangan yang dipilihnya.

"Prajurit yang selalu memberikan sentuhan dan bantuan kepada rakyat. Karena mereka akan menjadi duta-duta TNI untuk melaksanakan tugas di setiap penugasan baik di dalam dan luar negeri," kata Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Baca: Ini Sosok Pasukan TNI Bersenjata Senyap di IKN, Tugasnya Melumat Drone Liar Sampai Hancur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya