Eks Komandan Cobra TNI AL, Kolonel Arifin Diangkat Jadi Danrumkital Marinir

VIVA Militer: Dankormar pimpin Sertijab Komandan Rumkital Marinir Cilandak
Sumber :
  • Dispen Kormar

Jakarta, VIVA – Kolonel Laut (K) Muhamad Arifin, eks Komandan Cobra Satgas Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet  baru saja mendapatkan promosi jabatan menjadi Komandan Rumah Sakit TNI Angkatan Laut Marinir (Danrumkitalmar) Cilandak menggantikan Kolonel Laut (K)  Aminuddin Harahap.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Pengangkatan Kolonel Arifin sebagai Komandan Rumah Sakit TNI AL Marinir atau Danrumkitalmal itu dilakukan melalui Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi yang digelar di Lapangan Hijau Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar), Jl. Prajurit KKO Usman Dan Harun No. 40 Kwitang, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Agustus 2024.

Kolonel Laut (K) drg. Muh. Arifin, Sp.Ort., M.Tr.Opsla. yang sebelumnya menjabat sebagai Kadep Dokgimil Ladokgi Rem Diskesal Mabesal dipercaya menggantikan Kolonel Laut (K) dr. Aminuddin Harahap, Sp.A, M.Tr.Hanla, M.M, Sp.A(K) yang akan menempati jabatan barunya sebagai Kadep Kiltam Rumkital Dr.Ramelan Diskesal Mabesal.

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

Rangkaian Sertijab diawali dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, penghormatan pasukan, pembacaan Surat Keputusan Kasal, pengambilan sumpah jabatan, penyerahan Sempana, penanggalan dan penyematan tanda pangkat, penandatanganan Pakta Integritas dan Berita Acara laporan resmi serta Amanat Dankormar diakhiri acara ramah tamah yang dilaksanakan di Taman Wanarata.

Dankormar Mayjen TNI Marinir Endi Supardi dalam sambutannya mengatakan, bahwa serah terima jabatan merupakan salah satu bagian dari proses pembinaan satuan yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan memiliki makna substansial untuk mendorong laju pembaharuan yang berorientasi pada peningkatan kualitas kinerja organisasi. 

Mutasi Besar-besaran Terjadi, 22 Jenderal Tinggalkan TNI dan Seorang Mayjen Meninggal Dunia

VIVA Militer: Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi

Photo :
  • Dispen Kormar

“Saya berharap akan muncul pemikiran-pemikiran, inovasi- inovasi dan warna baru yang dapat melanjutkan upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak dalam rangka mendukung tugas Korps Marinir,” kata Dankormar Mayjen TNI Endi Supardi di hadapan ratusan prajurit Korps Baret Ungu.

Orang nomor satu di Korps Baret Ungu itu menambahkan, Sertijab Komandan Rumkital Marinir Cilandak memiliki makna strategis dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan baik untuk keluarga besar TNI AL, khususnya Korps Marinir, maupun masyarakat luas.

“Serah Terima Jabatan Komandan Rumkitalmar Cilandak memiliki makna yang sangat strategis dalam rangka peningkatan kualitas organisasi sekaligus menjadi peluang dan tantangan dalam membangun reputasi dan prestasi dengan harapan mampu membawa manfaat bagi organisasi dalam rangka menyikapi fenomena perkembangan lingkungan strategis yang dinamis," tambah Dankormar.

Untuk diketahui, Kolonel Laut (K) Muhamad Arifin bukanlah orang baru di lingkungan dokter TNI AL. Pria kelahiran Karang Anyar yang dikenal dengan sebutan Komandan Cobra itu sempat familiar ketika wabah COVID-19 melanda Indonesia pada tahun 2020 lalu.

Saat dirinya berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) dan menjabat Komandan Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1 Marinir, dia adalah Komandan Tempur Tim Medis TNI AL yang ditugaskan sebagai tim observasi WNI dari Wuhan di Pulau Natuna, obserbasi Kapal World Dream dan Diamond Princess di Pulau Sebaru. 

Tidak hanya itu, Dokter TNI yang memiliki kemampuan spesialis Gigi dan Orto itu terjun langsung menangani korban COVID-19 hingga dipercaya untuk menjadi Dansatgas RSDC Wisma Atlet, Kemayoran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya