TNI AL Kawal Ketat Kedatangan Helikopter Chinook dan Black Hawk Milik Militer AS di Tanjungwangi

VIVA Militer: Danlanal Banyuwangi kawal proses debarkasi alutsista militer AS
Sumber :
  • Puspen TNI

Banyuwangi, VIVA –  Sejak hari Senin, 11 Agustus 2024 lalu, sebuah kapal vessel MV. Cape Hudson berbendera Amerika Serikat yang membawa sejumlah Alutsista militer Angkatan Bersenjata Amerika Serikat tiba di Dermaga Tanjungwangi, Ketapang, Banyuwangi. 

Intelijen Rusia Bongkar Rencana Jahat Militer Ukraina yang Didukung Amerika

Kedatangan kapal Amerika Serikat itu mendapatkan pengawalan ketat dari TNI Angkatan Laut unsur Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz terjun langsung memantau proses debarkasi alutsista berat milik Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Army) yang dilakukan sejak Senin, 11 Agustus 2024 sampai hari ini tersebut.

Gila, 2 Kapal Selam Nuklir Rusia Bergerak di Bawah Laut Beku Kutub Utara

Sebagaimana diketahui, sejumlah alutsista militer Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, mulai dari kendaraan taktis (Rantis), Helikopter tempur dan angkut Chinook, hingga Black Hawk tiba di Dermaga Tanjungwangi, Jawa Timur dalam rangka mengikuti Latihan Bersama Multilateral Super Garuda Shield (SGS) 2024 yang akan diselenggarakan pada akhir Agustus sampai awal September 2024 mendatang di daerah latihan TNI, Banyuwangi.

Dalam Latihan Militer Super Garuda Shield (SGS) 2024 nanti, selain Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (US Army) sejumlah militer negara-negara sahabat akan ikut terlibat dalam latihan militer besar-besaran yang rutin dilakukan tiap satu tahun sekali tersebut.

SnackVideo Ramaikan Naval Base Open Day 2024

VIVA Militer: Danlanal Banyuwangi pantau proses debarkasi Black Hawk milik AS

Photo :
  • Puspen TNI

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz mengatakan, pihaknya telah mengerahkan pasukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan dalam proses debarkasi atau bongkar muat sejumlah alutsista militer US Army tersebut. 

"Kami telah melakukan persiapan yang matang untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan debarkasi berjalan lancar dan aman," kata Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Hafidz dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Rabu, 14 Agustus 2024. 

Mantan Komandan kapal KRI Badik-623 itu pun mengungkapan rasa bangganya atas kepercayaan yang diberikan kepada Lanal Banyuwangi untuk mendukung kegiatan berskala internasional tersebut. 

"Hal ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menunjukkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AL Lanal Banyuwangi dalam mensukseskan perhelatan latihan militer terbesar se Asia-Pasifik," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya