8 Jet Tempur F-16 dan 6 Pesawat Wong Bee TNI AU Akan Unjuk Gigi di Langit IKN 17 Agustus Mendatang

VIVA Militer: Pesawat KT-1B Wong Bee Jupiter Aerobatic Team TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

Balikpapan, VIVA – TNI Angkatan Udara akan mengerahkan sejumlah alutsista andalannya dalam puncak peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang. 

Bertemu Prabowo di Hanoi, Presiden To Lam Minta TNI Bisa Latih Perwira Vietnam

Sejumlah alutsista milik TNI AU yang dikerahkan adalah delapan unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan enam unit pesawat KT-1B Wong Bee Jet Aerobatik Team (JAT). 

Pesawat-pesawat milik TNI AU itu rencananya akan unjuk gigi bermanuver di langit Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur usai perhelatan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Selasa, 13 Agustus 2024, Panglima Komando Operasi Udara II (Pangkoopsud II) Marsekal Muda TNI Budhi Achmadi telah memberikan pengarahan terkait dengan persiapan demo udara kepada para Komandan Satuan, diantaranya Danlanud Dhomber Balikpapan, Komandan Skadron Udara 3, Komandan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Komandan Skadron Udara 5 Lanud Sultan Hasanuddin, serta Komandan Wingdik 100/Terbang di Hanggar D, Bandara Internasional Sultan Haji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada hari Minggu, 11 Agustus 2024 lalu.

Pengarahan Pangkoopsud II kepada para Komandan Satuan itu dilakukan dalam rangka mematangkan pelaksanaan demo udara pada puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024 di Istana Garuda, IKN Nusantara nanti.

Misi Jaga IKN, Wakasad Letjen TNI Tandyo Budi Tetapkan Ratusan Personel Komcad

Dalam kesempatan itu, Pangkoopsud II Marsda TNI Budhi Achmadi membahas evaluasi latihan dan geladi parsial demo udara yang telah dilaksanakan oleh para penerbang handal TNI AU sebelumnya. 

"Hal ini, guna memastikan semua personel, alutsista dan persiapan teknis, serta operasional demo udara berjalan lancar pada puncak acara 17 Agustus 2024 mendatang," kata Pangkoopsud II Marsda TNI Budhi Achmadi.

Selain itu, Pangkoopsud II Bersama para Komandan Satuan TNI AU juga membahas perencanaan mitigasi risiko dan skenario penerbangan untuk beberapa hari ke depan secara rinci untuk menjamin pelaksanaan demo udara dapat berjalan dengan baik, lancar, dan aman.

VIVA Militer: Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Serikat saling serang di Riau

Photo :
  • Dispenau

Untuk diketahui sebelumnya, Pangkoopsud II telah melaporkan kesiapan demo udara kepada Asisten Operasi Panglima TNI (Asops Panglima TNI) Mayor Jenderal TNI Gabriel Lema di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Laporan tersebut mencakup garis besar dan teknis rangkaian kesiapan demo udara, baik manuver dari tim aerobatik TNI AU (Jupiter Aerobatic Team/JAT) maupun pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang akan bermanuver di langit Istana Negara di Ibu Kota Nusantara.

Demo udara melibatkan enam pesawat aerobatik TNI AU jenis KT-1B Wongbee dan delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon. Seluruh pesawat telah melaksanakan cek rute sesuai perencanaan demo udara yang akan dimainkan. Atraksi udara ini akan menorehkan sejarah baru, karena demo udara pesawat andalan TNI AU itu pertama kali dilakukan di Ibu Kota baru, IKN Nusantara dan akan disaksikan langsung oleh ribuan peserta dan tamu undangan yang hadir dalam upacara HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Garuda, IKN Nusantara. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya