Aksi Kolonel Fikri Ajak Pelajar Naikkan Bendera Merah Putih Sebulan Penuh di Tugu Kujang Bogor

VIVA Militer: Dandim 0606/Kota Bogor dan Pelajar Naikan Bendera di Tugu Kujang
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Bogor, VIVA – Bangsa Indonesia saat ini tengah bergegas merayakan peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus. Dengan bangga, seluruh rakyat Indonesia mengibarkan bendera Merah Putih sebagai bentuk kecintaannya terhadap bangsa dan negara.

461 Prajurit Baru Marinir Perkuat Korps Baret Ungu TNI AL

Tak terkecuali di Kota Bogor. TNI Angkatan Darat dari jajaran Kodim 0606/Kota Bogor bersama unsur Forkopimda, dan masyarakat Kota Bogor menggelar Festival Merah Putih (FMP) 2024.

Festival Merah Putih (FMP) 2024 ini terlihat berbeda dari biasanya. Kali ini, panitia penyelenggara FMP 2024 melibatkan para pelajar di Kota Bogor dalam prosesi menaikkan dan menurunkan Bendera Merah Putih yang dilaksanakan setiap hari selama satu bulan di Tugu Kujang, Kota Bogor, Jawa Barat. 

TNI Berduka, Teman AHY di Akmil 2000 Kolonel Awang Danuarto Meninggal Dunia

Tugu Kujang adalah salah satu tugu yang terletak di depan Istana Kepresidenan Bogor. Tugu Kujang adalah salah satu monumen bersejarah bagi masyarakat kota hujan tersebut.

Komandan Kodim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Fikri Ferdian yang menyaksikan secara langsung prosesi penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih dalam Festival Merah Putih (FMP) 2024 itu mengapresiasi keterlibatan para pelajar dalam menyemarakkan kegiatan tersebut.

Tak Disangka, Pria Perebut Emas Ini Ternyata Perwira Pasukan Khusus Rahasia Kopasgat TNI

Menurut Kolonel Fikri, keterlibatan para pelajar dalam FMP 2024 tersebut dapat memupuk rasa cinta tanah air dan patriotisme di kalangan pelajar. Tidak hanya itu, Dandim Kota Bogor itu juga menilai, bahwa keterlibatan para pelajar dalam upacara penaikan dan penurunan Bendera Merah Putih di Tugu Kujang selama satu bulan itu dapat menumbuhkan semangat nasionalisme bagi para pelajar. 

"Kota Bogor dan masyarakat Bogor patut bangga, kegiatan penaikan dan penurunan bendera Merah Putih ini ga ada di daerah lain. Bagus, kegiatan yang harus tetap dilakukan khusus untuk pelajar sebagai generasi muda. Mampu memupuk rasa cinta tanah air, jadi untuk adik-adik dari SMP Bina Putera Kota Bogor harus bangga terlibat dalam kegiatan ini," kata Dandim 0606/Kota Bogor Kolonel Inf Fikri Ferdian dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Senin, 12 Agustus 2024.

Perwira Menengah (Pamen) lulusan Akademi Militer tahun 1999 itu juga mengapresiasi seluruh panitia dan unsur Forkopimda Kota Bogor yang telah membantu atau mendukung terselenggaranya Festival Merah Putih (FMP) 2024 di Kota Bogor tersebut. Dia berharap, kegiatan yang memiliki nilai positif, khususnya bagi kalangan anak-anak muda itu dapat dilakukan demi menciptakan generasi muda yang memiliki rasa tanggung jawab dan semangat gotong royong dalam membangun bangsa Indonesia di masa mendatang.

Sementara itu, Ketua Panitia FMP 2024, Hendryanto Liebrata mengucapkan terima kasih kepada para pelajar dari SMP Bina Putera yang hari ini hadir dan bertugas dalam prosesi Penaikan dan Penurunan Bendera Merah Putih di Tugu Kujang, Kota Bogor. 

Dia mengatakan, kehadiran seluruh unsur Forkopimda Kota Bogor dan keterlibatan banyak kalangan dalam Festival Merah Putih ini, merupakan bentuk antusiasme  masyarakat dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan untuk merawat Ibu Pertiwi, khususnya di Kota Bogor.

"Hadirnya pimpinan di Kota Bogor, para tokoh di Penaikan dan Penurunan Bendera di Tugu Kujang ini bukti bahwa semangat persatuan, semangat nasionalisme masih menjadi kekuatan utama bangsa," kata Hendryanto Liebrata. 

Sebagai Ketua Panitia, pria yang akrab disapa Akeng itu berharap, kegiatan FMP 2024 yang menggelar upacara Pengibaran Bendera Merah Putih selama satu bulan dengan melibatkan para pelajar itu, dapat menjadi inspirasi bagi semua masyarakat baik yang berada di Bogor, maupun di daerah lain.

Sejumlah tokoh atau pejabat turut hadir dalam prosesi Penaikan dan Penurunan Sang Saka Merah Putih di Tugu Kujang tersebut, diantaranya Waasops Panglima TNI Marsma TNI M. Taufiq Arajs, Pj Walikota Bogor Hery Antasari, Sekda Kota Bogor Syarifah Sofiah, serta pejabat Utama Kodim 0606/Kota Bogor.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya