Gebrakan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali untuk Sejahterakan Rakyat Pesisir Papua

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali dan istri bercanda dengan anak-anak Papua
Sumber :
  • Dispenal

Raja Ampat, VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Fera Muhammad Ali hari ini melakukan kunjungan kerja ke kawasan pesisir Distrik Kota Waisai, Raja Ampat, Papua.

SnackVideo Ramaikan Naval Base Open Day 2024

Kedatangan orang nomor satu di lingkungan TNI AL itu dilakukan dalam rangka meninjau secara langsung masyarakat maritim binaan Lantamal XIV Sorong yang berada di kawasan Pantai Waisai Torang Cinta (WTC). 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, setibanya KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan rombongan di Raja Ampat, langsung disambut dengan tarian adat Papua. Bupati Raja Ampat Abdul Faris Umlati bersama unsur Forkopimda Raja Ampat, serta jajaran pejabat utama Lantamal XIV Sorong turut hadir menyambut kedatangan jenderal bintang empat TNI AL tersebut.

Bertemu Prabowo di Hanoi, Presiden To Lam Minta TNI Bisa Latih Perwira Vietnam

Dalam kunjungannya tersebut, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali sempat meninjau secara langsung pelaksanaan kegiatan Bakti Kesehatan yang memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat dengan target sebanyak 200 orang masyarakat, serta kegiatan Bakti Sosial pembagian 400 paket sembako kepada masyarakat pesisir sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap warga sekitar.

Tidak hanya itu, TNI AL dalam hal ini Lantamal XIV Sorong juga memberikan kegiatan penyuluhan kepada 100 nelayan setempat mengenai hukum laut yang bertujuan untuk memberikan pemahaman penting mengenai hukum maritim, bagaimana upaya menjaga kesehatan bagi para masyarakat nelayan dan pemahaman tentang bahaya judi online.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan, bahwa kegiatan sosial yang dilakukan oleh jajarannya di wilayah Indonesia Timur ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Raja Ampat. 

“Keberhasilan kegiatan ini juga merupakan wujud dari sinergitas antara TNI AL dengan Pemda Raja Ampat dan juga beberapa kedinasan seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan, Dinas Sosial, UMKM dan dinas lainnya untuk membantu mensejahterakan masyarakat di wilayah Raja Ampat ini," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di sela-sela kunjungan kerjanya di Raja Ampat, Rabu, 7 Agustus 2024.

VIVA Militer: KSAL Muhammad Ali ajak pelajar dan warga Papua makan ikan bakar

Photo :
  • Dispenal

Selain itu, dalam kesempatan itu Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dan rombongan juga meninjau stand UMKM kerajinan etnik Papua dan produksi makanan ringan yang menjadi binaan Primkopal Lantamal XIV Sorong. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan dukungan nyata terhadap perkembangan UMKM lokal, dan sekaligus melihat hasil kerja para pelaku usaha di lapangan secara langsung.

Usai peninjauan, Kasal didampingi Ketua Umum Jalasenastri serta rombongan menyempatkan untuk makan siang bersama yang bergizi “Gemar Makan Ikan” bersama dengan 1.000 pelajar dan masyarakat Papua. 

“Diharapkan kegiatan ini akan menjadi contoh untuk satuan-satuan TNI AL lainnya di seluruh Indonesia, dimana hampir seluruh Lantamal memiliki keramba ikan dan seperti yang kita ketahui sendiri bahwa ikan merupakan sumber gizi dan protein yang tinggi, sehingga ikan sangat cocok untuk para pelajar Indonesia untuk menjadi anak yang cerdas," ujar Kasal.

Dia juga menyampaikan bahwa program makan bergizi bersama dengan pelajar serta masyarakat Papua ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Presiden RI terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto tentang pemberian makan sehat dan bergizi gratis kepada pelajar.

Sembari menikmati hidangan dengan penuh keakraban, para undangan juga disuguhkan dengan pertunjukan kemampuan dan ketangkasan prajurit TNI AL, mulai dari demonstrasi ketangkasan militer dari Satdik 3 Sorong dan panggung hiburan rakyat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya