Lawatan ke Timur Tengah, Panglima TNI Ajak Uni Emirat Arab Latihan Militer Bersama

VIVA Militer: Panglima TNI bertemu Panglima Angkatan Bersenjata UEA
Sumber :
  • Puspen TNI

Abu Dhabi, VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melakukan kunjungan kerja atau lawatan ke negara Timur Tengah. Kunjungan kerja Panglima TNI ke Timur Tengah itu dilakukan dalam rangka mempererat hubungan diplomasi militer dengan sejumlah negara sahabat.

Perwira TNI Ini Temukan Fakta Miris di Lambar, Puluhan Anak Putus Sekolah Akibat Ortu Miskin

Dalam lawatannya tersebut, pertama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menemui Uni Arab Emirates Armed Forces Chief of Staff atau Panglima Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Staf Letnan Jenderal Eisa Saif Bin Ablan Almazrouei di Kantor Kementerian Pertahanan UEA, Abu Dhabi, Jum'at, 2 Agustus 2024.

Dalam pertemuannya dengan orang nomor satu di militer UEA itu, Panglima TNI menyampaikan rasa bangganya melihat kemajuan kerja sama bilateral antara TNI dan Angkatan Bersenjata UEA yang semakin berkembang. 

Jelang Kedatangan Paus Fransiskus ke Timor Leste, TNI-Polri Gelar Patroli Bersama di Perbatasan

Letjen Eisa juga mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI atas kunjungannya dan berharap kerja sama antar dua negara dapat terus ditingkatkan. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, di hadapan Jenderal Agus Subiyanto, Panglima Angkatan Bersenjata UEA Letjen Eisa menyampaikan dua hal yaitu terkait pelatihan dengan TNI Angkatan Laut dan kesiapan tenaga kesehatan yang akan membantu di UEA dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan terhadap korban perang di Gaza. 

Puluhan Tentara Bayaran Ukraina Jadi Mayat, Pasukan Rusia Gempur Stetkovka

VIVA Militer: Panglima TNI bertemu dengan Panglima Angkatan Bersenjata UAE

Photo :
  • Puspen TNI

“Kami sangat mengharapkan kerjasama dengan TNI dapat terus ditingkatkan. Concern kami ada 2 hal, yaitu terkait latihan dengan kedua Angkatan Laut dan kesiapan Tenaga Kesehatan yang akan diperbantukan di Kapal Rumah Sakit UEA yang berada di El Arish, Mesir,” ucap Letjen Eisa. 

Lebih lanjut Panglima TNI menyampaikan keinginannya untuk merealisasikan rencana latihan bersama antara TNI dan militer UEA yang sebelumnya telah dilaksanakan peninjauan daerah latihan militer milik TNI oleh beberapa delegasi Perwira UEA yang berkunjung ke Indonesia. 

“Saya berharap ke depan, Pihak UEA juga dapat mengijinkan pihak TNI untuk dapat berkunjung dan melaksanakan kegiatan site survey di daerah latihan militer di UEA,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

“Hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan kemitraan strategis yang telah terjalin baik dengan UEA dan juga akan berdampak positif terhadap kepentingan ekonomi nasional,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya