KSAL Resmikan Sispuskodal TNI AL untuk Optimalkan Operasi Maritim Matra Laut

VIVA Militer: KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali
Sumber :
  • Dispenal

Jakarta, VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali hari ini meresmikan pembangunan Sispuskodal TNI AL bertempat di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Pembahasan UU Angkatan Siber TNI Harus Libatkan Masyarakat, Kata Pengamat

Sispuskodal adalah suatu sistem dengan beberapa keunggulan yang tidak hanya dapat menyajikan data dislokasi unsur gelar operasi di Perairan Indonesia secara real time dan near realtime dengan menggunakan pencitraan satelit, melainkan juga command security maritime yang terdapat dalam aplikasi ini mampu memberikan alternatif penindakan atau investigasi oleh unsur terdekat dengan memberikan komando untuk melaksanakan investigasi lebih lanjut dengan komunikasi menggunakan integrated communication system.

“Pusat Komando dan Pengendalian TNI AL (Puskodal TNI AL) memiliki peran strategis dalam koordinasi, pengawasan, dan pengambilan keputusan pada pelaksanaan kegiatan operasi di lingkungan TNI AL baik dalam rangka penggunaan kekuatan maupun pembinaan kekuatan dan kemampuan," kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis, 1 Agustus 2024.

Legislator PDIP Tak Setuju Pertahanan Siber Jadi Matra Keempat TNI

Lebih jauh lagi, orang nomor satu di Matra Angkatan Laut itu menjelaskan, bahwa perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis menuntut TNI AL untuk selalu berinovasi dalam menyajikan informasi ataupun data yang dibutuhkan. 

VIVA Militer: KSAL meninjau Sispuskodal TNI AL

Photo :
  • Dispenal
Kali Pepe, Saksi Pembentukan Prajurit Bintara TNI AU di Skadik 402 Lanud Adi Soemarmo

Sehingga, lanjut Kasal, Puskodal harus dilengkapi dengan sistem K4IPP yaitu komando, kendali, komunikasi, komputer, intelijen pengamatan dan pengintaian yang handal. Dengan adanya Puskodal, operasi dapat berjalan lebih efektif, efisien dan terkoordinasi dengan baik.

“Besar harapan saya, agar Sispuskodal ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kemampuan Puskodal dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasal yang didampingi oleh Wakasal Laksamana Madya TNI Erwin S. Aldedharma beserta para Pejabat Utama Mabesal menandatangani prasasti Peresmian Pembangunan Sispuskodal dan dilanjutkan peninjauan fasilitas pendukung Sispuskodal dalam menjalankan tugas pokok TNI AL di masa mendatang.

Patroli bersama TNI dan Polri di Perbatasan RI-Timor Leste.

Jelang Kedatangan Paus Fransiskus ke Timor Leste, TNI-Polri Gelar Patroli Bersama di Perbatasan

Patroli itu untuk mengantisipasi pelintas ilegal dari Indonesia ke Timor Leste.

img_title
VIVA.co.id
9 September 2024