Perkuat Naluri Tempur, Kopasgat TNI AU Latihan Gunakan Alat Optik Operasi Khusus Airbone Raid

VIVA Militer: Asren Kopasgat buka pelatihan Aloptik Opssus Airbone Raid
Sumber :
  • Pen Kopasgat

Bandung, VIVA – Satuan jajaran pasukan Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI AU yang terdiri dari pasukan elite Satbravo 90, Denmatra 1 dan 2, Denma Mako Kopasgat, dan Satharpal Kopasgat hari ini menggelar pelatihan penggunaan Alat Optik (Aloptik) untuk Operasi Khusus Airbone Raide di Mako Kopasgat, Bandung, Jawa Barat.

Intelijen Rusia Bongkar Rencana Jahat Militer Ukraina yang Didukung Amerika

Kegiatan yang berlangsung hingga 2 Agustus 2024 ini bertujuan membekali peserta pelatihan dengan adanya alat peralatan baru yang diterima oleh Kopasgat dalam rangka memenuhi kebutuhan peralatan operasi, yang diharapkan dapat meningkatkan daya tempur dalam kesiapan operasi.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispen Kopasgat, Rabu, 31 Juli 2024, pelatihan penggunaan Alat Optik Operasi Khusus Airbone Raid itu secara resmi dibuka oleh Asren Kopasgat Kolonel Pas Fajar Ardi Kriswanto.

Gila, 2 Kapal Selam Nuklir Rusia Bergerak di Bawah Laut Beku Kutub Utara

Selaku ketua pelaksana kegiatan, Asren Kopasgat Kolonel Pas Fajar mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan rangkaian dari proses pengadaan Alat Optik Operasi Khusus baru yang dimiliki oleh Kopasgat berupa Thermal Weapon Sight (Teropong Thermal), Fusion Kestrel Mapping Fall of Shot, Fall of shot targeting with JFSS – Joint fires support systems, serta Ransus Storing Fusion Breaching Kit.

Kolonel Pas Fajar mengungkapan, bahwa selama tiga hari ke depan, para peserta pelatihan akan mendapatkan berbagai materi dan latihan praktis mengenai penggunaan dan pemeliharaan alat optik yang akan menunjang operasi mereka. Pelatihan ini mencakup pengenalan teknologi terbaru, teknik pengoperasian, serta simulasi dalam kondisi lapangan yang mendekati situasi sebenarnya.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

VIVA Militer: Prajurit Kopasgat TNI AU latihan gunakan Teropong Thermal

Photo :
  • Pen Kopasgat

Lebih jauh Asren Kopasgat berharap, pelatihan ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan profesionalisme dan kesiapan tempur para prajurit Kopasgat di masa mendatang. 

"Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan seluruh peserta dapat memaksimalkan potensi dan keterampilan mereka dalam penggunaan alat optik, sehingga dapat mendukung keberhasilan setiap operasi yang dihadapi," kata Asren Kopasgat Kolonel Pas Fajar Ardi Kriswanto.

Pelatihan penggunaan Aloptik ini, lanjut Asren Kopasgat, merupakan bagian dari program berkelanjutan untuk meningkatkan kemampuan operasional dan teknis pasukan Kopasgat. Selain itu, pelatihan ini juga menjadi kesempatan bagi peserta untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, serta memperkuat kerja sama dalam tim.

"Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, diharapkan Peserta pelatihan mampu menjadi trainer bagi anggota Kopasgat yang tidak mengikuti pelatihan, mampu memberikan hasil yang optimal dan meningkatkan kesiapan Kopasgat dalam menghadapi tantangan di masa depan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya