Marsekal Sri Hastuti, Jenderal Perempuan TNI AU Ini Resmi Dilantik Jadi Kapuspsi TNI

VIVA Militer: Kasum TNI Lantik Marsma TNI Sri Hastuti jadi Kapuspsi TNI
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta, VIVA – Sri Hastuti, seorang perempuan tangguh yang saat ini berpangkat jenderal bintang satu atau Marsekal Pertama (Marsma) TNI Angkatan Udara hari ini secara resmi dilantik menjadi Kepala Pusat Psikologi Tentara Nasional Indonesia (Kapuspsi TNI). 

Profil Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, Pangdam XVI/Pattimura yang Baru

Marsma TNI Sri Hastuti resmi dilantik sebagai Kapuspsi TNI melalui upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dipimpin oleh Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan yang mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Aula Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Rabu, 31 Juli 2024 pagi tadi.

Marsma TNI Sri Hastuti dipercaya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menggantikan pejabat lama, yaitu Laksamana Muda (Laksda) TNI Wiwin Dwi Handayani yang akan memasuki masa purna tugas atau pension sebagai prajurit aktif TNI AL.

Profil Mayjen TNI Dadang Arif Abdurachman, Pangdam III/Siliwangi yang Baru

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutannya yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan mengatakan, bahwa serah terima jabatan merupakan hal yang lazim di lingkungan TNI. Hal itu dilakukan dalam rangka pembinaan karier bagi prajurit TNI. 

Panglima TNI menegaskan, bahwa proses ini mencerminkan komitmen TNI dalam memastikan keberlanjutan dan regenerasi kepemimpinan yang profesional di lingkungan TNI. 

130 Perwira Tinggi TNI Dimutasi, Ini Daftar Namanya

"Serah terima jabatan ini juga menjadi bagian dari upaya TNI dalam memberikan kesempatan bagi perwira tinggi untuk terus berkembang dan menghadapi tantangan baru, sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal bagi institusi dan negara," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam sambutan tertulisnya.

Lebih jauh lagi, Panglima TNI menyampaikan bahwa dengan adanya pembinaan karier yang terstruktur dan sistematis, TNI memastikan bahwa setiap perwira memiliki kesempatan yang adil untuk mengembangkan kemampuan dan potensi mereka, serta siap untuk mengemban tugas-tugas yang lebih besar di masa depan.

VIVA Militer: Kasum TNI pimpin Sertijab Kapuspsi TNI di Mabes TNI

Photo :
  • Puspen TNI

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengucapkan terima kasih kepada Laksda TNI Wiwin Dwi Handayani yang telah memberikan kontribusi positif bagi TNI selama masa jabatannya sebagai Kapuspsi TNI. Kemudian, kepada pejabat Kepala Pusat Psikologi TNI yang baru, Panglima TNI memerintahkan agar melanjutkan dan mengembangkan lebih jauh pencapaian Puspsi TNI.

"Lanjutkan hal-hal baik yang telah ditorehkan oleh pejabat sebelumnya, dan lakukan terobosan-terobosan baru bagi pengembangan dan kemajuan satuan sehingga dapat berguna dalam pencapaian tugas pokok TNI," ujar Panglima TNI.

Untuk diketahui, Marsma TNI Sri Hastuti adalah salah satu prajurit Wanita TNI AU lulusan Sekolah Perwira Karier atau Sepamilsuk ABRI tahun 1990. 

Perwira Tinggi (Pati) TNI AU ini tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di lingkungan TNI AU, diantaranya adalah Kadispsidik Dispsiau, Kadispsibang Dispsiau, Danwingdikum pada tahun 2022, Kepala Dinas Psikologi Angkatan Udara (Kadispsiau) pada tahun 2022, dan terakhir Kepala Pusat Psikologi (Kapuspsi) TNI. 

Dengan dilantiknya Sri Hastuti sebagai Kapuspsi TNI, maka dalam waktu dekat ini, dia akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang dua TNI Angkatan Udara atau Marsekal Muda (Marsda) TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya