Nekat Serang Pos Pasukan Elite Kostrad TNI, Anak Buah Gembong OPM Terkapar Tewas Bersimbah Darah

VIVA Militer: Pasukan Yonif PR 432/WSJ Kostrad di Yigi
Sumber :
  • Yonif PR 432 WSJ Kostrad

Nduga, VIVA – Gembong Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM, Egianus Kogoya harus membayar mahal aksi nekat anak buahnya terhadap pasukan elite Kostrad TNI Angkatan Darat darah dan nyawa.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Baru saja, seorang anak buah Egianus Kogoya, bersimbah darah tewas jadi mayat saat berupaya menyerang Pos TNI Yigi, yang saat ini ditempati prajurit TNI dari Satuan Tugas Mobile, Batalyon Infanteri Para Raider 432/Waspada Setia Jaya, Divisi Infanteri 3 Kostrad.

Berdasarkan siaran resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat yang diterima VIVA Militer, Selasa 30 Juli 2024, jadi ceritanya ada sejumlah OPM anak buah Egianus yang mengendap masuk ke Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

VIVA Militer: Pasukan Yonif PR 432/WSJ Kostrad di Yigi

Photo :
  • Yonif PR 432 WSJ Kostrad

Mereka masuk ke Distrik Yigi dengan membawa senjata api. Dan ternyata mereka meringsak masuk ke Yigi untuk melakukan penyerangan ke Pos TNI Yigi.

Mutasi Besar-besaran Terjadi, 22 Jenderal Tinggalkan TNI dan Seorang Mayjen Meninggal Dunia

Rupanya semua pergerakan OPM diketahui pasukan elite lintas udara Kostrad itu. Dan pasukan pun langsung merespons pergerakan OPM itu dengan tindakan pengamanan wilayah. Sebelum OPM itu sampai menembaki Pos TNI, mereka sudah digempur duluan hingga kontak tembak pun pecah.

Dampaknya sangat fatal buat OPM, salah satu anggota OPM bernama Engabub jadi mayat terkapar bersimbah darah kena peluru yang ditembakan prajurit TNI. Enggak cuma itu saja, dua OPM lainnya terluka parah.

VIVA Militer: Prajurit TNI di Papua.

Photo :
  • Dispenad

Menurut Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III, Kolonel Inf Winaryo, tindakan aparat itu enggak cuma berhasil melumpuhkan OPM tapi juga membuat OPM lainnya kabur dari Yigi.

Perlu diketahui, Yigi ini salah satu distrik horor, karena kerap mendapat gangguan keamanan dari OPM. Karena itulah, masyarakat sangat bahagia saat TNI memutuskan untuk menempatkan pasukan di sana.

Bahkan setelah tewasnya OPM, masyarakat berdatangan ke Pos TNI untuk memberikan dukungan kepada prajurit TNI. "Tolong amankan Yigi dari gangguan OPM, kami dukung bapak TNI di sini," ujar tokoh masyarakat Yigi.

Baca: Begini Cara Pasukan Elite Lintas Udara Kostrad TNI Bikin OPM Tak Bisa Napas Menembus Mbua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya