Ratusan Perwira TNI Dimutasi, Pangkogabwilhan III, Pangkostrad, hingga Pangdam Jaya Diganti

VIVA Militer: Pangkostrad Letjen TNI Saleh Mustafa mendampingi Panglima TNI
Sumber :
  • Penkostrad

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali melakukan perombakan jabatan secara besar-besaran di internal tubuh TNI. Tidak tanggung-tanggung, kali ini sebanyak 256 Perwira Tinggi (Pati) dari tiga matra TNI yang mengalami rotasi jabatan.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Dari informasi yang diperoleh VIVA Militer, mutasi atau rotasi jabatan 256 Perwira Tinggi (Pati) TNI itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/851/VII/2024 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia yang ditandatangani oleh Kepala Setum TNI Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Riksan Gumay pada tanggal 24 Juli 2024 lalu.

Dari 265 Pati TNI yang dirotasi oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, terdapat sejumlah jenderal mentereng yang dilakukan mutasi jabatan. Diantaranya adalah Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Pangkogabwilhan III), Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), dan Panglima Kodam Jaya. 

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

Dilansir VIVA Militer dari salinan Surat Keputusan Panglima TNI tersebut, Sabtu, 27 Juli 2024, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto telah memutasi Pangkogabwilhan III yang semula dijabat oleh Letjen TNI Richard Tampubolon ke jabatan barunya menjadi Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia (Kasum TNI). 

Letjen TNI Richard Tampubolon dipercaya menduduki jabatan Kasum TNI menggantikan Letjen TNI Bambang Ismawan yang saat ini ditarik sebagai Pati Mabes TNI AD karena akan memasuki masa purna tugas atau pensiun dari kedinasan prajurit aktif TNI AD.

Profil Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, Pangdam XVI/Pattimura yang Baru

Kemudian, posisi Pangkogabwilhan III saat ini dipegang oleh Mayjen TNI Bambang Trisnohadi yang sebelumnya menduduki posisi Pangdam IX/Udayana Bali.

Selain itu, Panglima TNI juga mengganti Pangkostrad yang semula dipimpin oleh Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. Letjen TNI Saleh Mustafa dipercaya Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menduduki posisi barunya sebagai Irjen TNI menggantikan Laksdya TNI Dadi Hartanto yang ditarik ke Mabesal dalam rangka pensiun atau purna tugas.

Lalu, posisi Pangkostrad kini dipegang oleh Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Mohammad Hasan yang sebelumnya menjabat Pangdam Jaya. Kemudian, posisi Pangdam Jaya akan ditempati oleh Mayjen TNI Rafael Granada Baay yang sebelumnya menjabat Pangdam V/Brawijaya. 

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto (kiri) dan Presiden Vietnam H.E. Tô Lâm

Bertemu Prabowo di Hanoi, Presiden To Lam Minta TNI Bisa Latih Perwira Vietnam

Permintaan Presiden Vietnam To Lam itu agar dapat berbagi pengalaman dan membantu melatih perwira Vietnam untuk berpartisipasi dalam pasukan penjaga perdamaian PBB.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2024