Momen Panglima Koopsudnas Jajal Jet Tempur Rafale Buatan Prancis Menembus Cakrawala Langit Jakarta

VIVA Militer: Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi jajal Jet Tempur Rafale
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tedi Rizalihadi mendapatkan kesempatan flight atau terbang menggunakan pesawat tempur canggih Rafale milik Angkatan Udara Prancis di langit Jakarta, Kamis, 25 Juli 2024 kemarin.

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Dalam kesempatan itu, Pangkoopsudnas ikut terbang Backseat bersama pilot tempur Angkatan Udara Prancis dari Lanud Halim Perdanakusuma dan bermanuver di langit Jakarta.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Jum'at, 26 Juli 2024, penerbangan ini merupakan salah satu agenda dalam rangkaian misi Pegase 2024 dan Indonesia menjadi salah satu negara yang dikunjungi di wilayah Indo-Pasifik.

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Sebelum terbang, Pangkoopsudnas melaksanakan medical Check up terlebih dahulu dan menerima Safety Briefing yang dihadiri oleh para pejabat Tinggi TNI AU dan Pegase Mission Commander Brigadier General Guillaume Thomas.

Selanjutnya Rafale dengan manuvernya mengangkasa selama 70 menit membawa jenderal bintang tiga TNI AU menyusuri cakrawala. Selesai terbang Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi mengaku sangat puas karena merasakan kemampuan Rafale dengan segala teknologi mutakhir yang dimiliki pesawat generasi kelima tersebut.

Pembahasan UU Angkatan Siber TNI Harus Libatkan Masyarakat, Kata Pengamat

VIVA Militer: Pangkoopsudnas terbang bersama jet tempur Rafale di Lanud Halim

Photo :
  • Dispenau

Penerbangan ini menandakan langkah penting dalam memperdalam hubungan bilateral Indonesia dan Prancis, khususnya di bidang pertahanan. Hal ini juga menunjukkan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan kemampuan pertahanan udaranya dengan teknologi mutakhir.

Sebagaimana diketahui, pesawat tempur Rafale buatan Dassault Aviation Prancis itu adalah salah satu pesawat tempur generasi kelima incaran TNI AU di masa mendatang. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan telah menandatangani kontrak kerja sama pembelian jet tempur Rafale sebanyak 42 unit dengan pabrikan Dassault Aviation. Pesawat canggih itu direncanakan akan datang ke Indonesia dan memperkuat pertahanan alutsista TNI AU pada tahun 2026 secara bertahap.

Sejumlah pejabat teras TNI Angkatan Udara turut hadir dalam moment bersejarah terbang Backseat pesawat tempur Rafale buatan Prancis tersebut. Diantaranya adalah, Asops Kasau Marsda TNI Minggit Tribowo, Askomlek Kasau Marsda TNI I Made Susila Adnyana, Kaskoopsudnas Marsda TNI Donald Kasenda, Pangkoopsud I Marsda TNI Mohammad Nurdin, serta Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Destianto N. Utomo.

VIVA Militer: Lettu Pnb Arya Wishnu Wardana terbangkan F-16 FF

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

F-16 Fighting Falcon diterbangkan dari Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024