Terjun dari Langit, Hantu Rimba Kopassus TNI Gabung SAF Serbu Kota Kosmopolitan Dunia

VIVA Militer: Kopassus dan SAF dalam XCP 30th
Sumber :
  • Mindef Singapore

VIVA – Prajurit-prajurit pasukan khusus TNI Angkatan Darat, Kopassus, baru saja menuntaskan latihan militer internasional bersama Singapore Armed Forces (SAF).

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

Berdasarkan siaran resmi Kementerian Pertahanan Singapura atau Ministry of Defence Singapore (MINDEF) dilansir VIVA Militer, Rabu 24 Juli 2024, latihan bersama antara Kopassus dan SAF dilangsungkan selam enam hari di Singapura, terhitung dari 17 hingga 23 Juli 2024.

Menurut MINDEF, dalam latihan bersama bertajuk 30th edition of Exercise Chandrapura (XCP) itu, prajurit hantu rimba Kopassus dan SAF saling bertukar pengetahuan taktik dan teknik serta prosedur komando dalam sebuah pertempuran.

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

VIVA Militer: Kopassus dan SAF dalam XCP 30th

Photo :
  • Mindef Singapore

Pasukan Korps Baret Merah Kopassus mengikuti latihan bersama itu dengan dipimpin langsung oleh Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus, Mayor Jenderal TNI Djo Afriandi, sedangkan SAF dipimpin Kepala Komando SAF, Kolonel Pang Chee Kong.

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Dalam XCP 30th ini, Kopassus dan SAF beraksi melaksanakan latihan serangan gabungan dalam Operasi Perang Kota, enggak cuma itu saja, prajurit TNI juga melaksanakan terjun bebas dari pesawat militer di langit Kota Kosmopolitan Dunia itu.

VIVA Militer: Kopassus dan SAF dalam XCP 30th

Photo :
  • Mindef Singapore

"Sudah 30 tahun sejak Latihan Chandrapura pertama pada tahun 1994 dan sejak itu skala dan kedalamannya telah berkembang. Demikian pula, ikatan antara militer kita telah tumbuh semakin kuat. Hari ini, para peserta latihan berdiri di hadapan kami, dengan bangga, merupakan bukti dari pertumbuhan hubungan, persaudaraan, dan kepercayaan khusus yang dibangun dari kerja sama selama tiga dekade," kata Kolonel Pang Chee Kong kepada Mayjen TNI Djon Afriandi saat upacara penutupan XCP 30th.

VIVA Militer: Kopassus dan SAF dalam XCP 30th

Photo :
  • Mindef Singapore

Kolonel Pang Chee Kong berharap kerjasama militer antara SAF dan Kopassus TNI akan terus berlangsung. Ia mengaku bangga pasukannya bisa berlatih bersama dengan salah satu pasukan khusus terbaik dunia itu.

Baca: 15 Bulan Huni Belantara Papua, Pasukan Raider Khusus Macan Leuser TNI Akhirnya Kembali ke Sumatera

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya