Pitch Black 2024, Penerbang Tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU Akan 'Unjuk Gigi' di Australia

VIVA Militer: 3 pesawat tempur F-16 TNI AU mengudara halau serangan musuh
Sumber :
  • Dispenau

Jakarta – TNI Angkatan Udara dalam waktu dekat ini akan mengirim para penerbang tempur F-16 Fighting Falcon ke Darwin, Australia. Mereka dikirim sebagai delegasi TNI yang akan mengikuti Latihan Multinasional Pitch Black 2024 yang akan digelar oleh Angkatan Udara Australia.

Pabrik Narkoba Terbesar di Indonesia yang Nyamar Jadi Kantor EO Dikendalikan WN Malaysia

Latihan tempur Udara Pitch Black 2024 itu rencananya kan digelar pada tanggal 12 Juli sampai 3 Agustus 2024 mendatang. Sejumlah Angkatan Udara di Kawasan Asia Pasifik, seperti Australia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina akan ikut serta dalam Latihan Bersama Pitch Black 2024 tersebut.

Untuk memastikan kesiapan para penerbang tempur TNI AU itu, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tedi Rizalihadi pada hari Rabu, 3 Juli 2024 lalu telah mendatangi Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur.

Kemenag Optimis Pengosongan 278 Bidang Lahan UIII Depok Selesai Besok

Dalam kunjungannya tersebut, jenderal bintang tiga TNI AU itu didampingi oleh Danlanud Iswahjudi, Marsma TNI Firman Dwi Cahyono menyempatkan diri meninjau langsung kesiapan Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi dan bertemu para penerbang tempur TNI AU yang mendapatkan tugas sebagai delegasi TNI dalam Latihan Pitch Black 2024 tersebut.

Dalam arahannya, Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi meminta kepada seluruh penerbang dan kru pesawat tempur F-16 Fighting Falcon untuk benar-benar mempersiapkan diri dalam mengikuti latihan bersama Pitch Black 2024 di Australia nanti.

Lolos Jadi Prajurit TNI, Pemuda Ini Menangis Peluk Ibunya di Depan Jenderal Kakap Marinir

VIVA Militer: Pangkoopsudnas temui penerbang tempur F-16 di Lanud Iswahjudi

Photo :
  • Dispenau

Pangkoopsudnas mengungkapkan, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mengikuti latihan tempur bersama para pengawak pesawat tempur negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Dengan demikian, Marsdya TNI Tedi menekankan pentingnya latihan ini untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit TNI AU, serta memperkuat hubungan bilateral dengan Angkatan Udara Australia, serta Angkatan Udara negara-negara sahabat lainnya yang ikut terlibat dalam Latihan Pitch Black 2024 tersebut.

"Saya merasa bangga dengan kalian semuanya. Saya bangga dengan kesiapan Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14. Saya yakin bahwa para penerbang dan kru pesawat tempur F-16 Fighting Falcon akan mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam Latihan Pitch Black 2024 nanti," kata Pangkoopsudnas Marsdya TNI Tedi Rizalihadi di hadapan para penerbang tempur dan kru pesawat F-16 Fighting Falcon dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum'at, 5 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya