Lolos Jadi Prajurit TNI, Pemuda Ini Menangis Peluk Ibunya di Depan Jenderal Kakap Marinir

VIVA Militer: Prajurit TNI menangis peluk ibunya.
Sumber :
  • Kodilatal

VIVA – Sebuah pemandangan mengharukan terjadi di lapangan Markas Satuan Pendidikan 1, Tanjung Uban, Bintan Utara, Kepulauan Riau.

Tak Cuma Amerika, Negara Eropa Ini Pendukung Terbesar Genosida Israel di Gaza

102 prajurit TNI menangis di hadapan Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) Letnan Letnan Jenderal TNI Marinir, Nur Alamsyah.

Para prajurit TNI itu tak kuasa membendung air mata dipertemukan dengan orangtua mereka setelah dilaksanakan upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut (TNI AL) Angkatan 44 tahun anggaran 2024.

Licik, Netanyahu Kirim Bos Intelijen Israel Buat Negosiasi dengan Hamas

VIVA Militer: Pengambilan sumpah prajurit TNI AL

Photo :
  • Kodiklatal

Dengan mengenakan baju pelaut serba putih, para prajurit TNI baru itu menangis sambil memeluk erat tubuh ibu dan ayah mereka.

Laknat, Tentara Israel Hancurkan Masjid Ibnu Utsman Gaza

Prajurit TNI ini memangis karena terharu atas keberhasilan mereka dilantik menjadi bagian dari keluarga besar militer Indonesia setelah selama tiga bulan menjalani pendidikan secara ketat di Satdik 1.

Berdasarkan siaran resmi penerangan Kodiklatal dilansir VIVA Militer, Jumat 5 Juli 2024, dari 102 siswa yang diambil sumpahnya sebagai prajurit TNI, 33 orang berasal dari Kejurusan Listrik, 29 dari Kejurusan Angkutan dan 40 dari Kejurusan Tata Usaha.

VIVA Militer: Komandan Kodiklatal, Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah.

Photo :
  • Kodiklatal

"Pendidikan dasar keprajuritan yang dijalani para siswa selama tiga bulan dan dasar golongan selama satu bulan, mampu meningkatkan jiwa keprajuritan yang tanggap, tanggon dan trengginas, serta memiliki pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang siap dikembangkan dalam Pendidikan Dasar Golongan Lanjutan yang akan dilaksanakan selama dua bulan di Satdik satu Kodiklatal," kata Jenderal TNI mantan Komandan Korps Marinir itu.

Mantan Komandan pasukan khusus senyap Marinir, Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) itu berpesan kepada semua prajurit TNI baru itu agar sumpah yang baru saja diucapkan, serta janji kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT dapat menjalankan segala kewajiban sebagai seorang Prajurit Jalasena dengan penuh rasa tanggung jawab, tunduk pada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan yang dilandasi oleh jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL.

Selanjutnya di Tahap Dasar Golongan Lanjutan nanti, para Siswa dibekali dengan pengetahuan serta keterampilan profesi Matra Laut dan akan lebih banyak belajar, berlatih maupun praktek sesuai Korps atau Kejuruan masing-masing.

Baca: Situasi Darurat, Ambulans Ular Kembar Kostrad TNI Dicegat Warga di Tengah jalan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya