Siap-siap, TNI Akan Gelar Latihan Militer Besar-besaran Bersama Tentara 19 Negara Sahabat

VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

Jakarta – Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Kapuspen TNI) Mayor Jenderal TNI Nugraha Gumilar mengatakan, TNI dalam waktu dekat ini akan menggelar latihan militer besar-besaran yang melibatkan sekitar 19 angkatan militer negara sahabat. Latihan Bersama yang bertajuk Super Garuda Shield (SGS) 2024 itu rencananya akan digelar pada bulan Agustus 2024 mendatang.

Lolos Jadi Prajurit TNI, Pemuda Ini Menangis Peluk Ibunya di Depan Jenderal Kakap Marinir

"(Super Garuda Shield) itu pelaksanaannya sekitar dua minggu. Dari tanggal 26 Agustus sampai 5 September 2024," kata Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar usai menghadiri acara Coffe Morning bersama awak media di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu, 3 Juli 2024.

Dia menambahkan, sebagai tuan rumah, TNI telah mempersiapkan sejumlah titik yang akan dijadikan lokasi latihan militer Super Garuda Shield 2024 tersebut. Menurut Kapuspen, rencananya latihan militer yang melibatkan kekuatan militer negara-negara sahabat itu akan digelar di daerah Situbondo, Jawa Timur, Kerawang, Jawa Barat, dan Baturaja, Sumatera Selatan.

Tak Cuma Amerika, Negara Eropa Ini Pendukung Terbesar Genosida Israel di Gaza

"Pelaksanaan Garuda Shield akan dilaksanakan latihan operasi pendaratan di Pantai Situbondo, kemudian penerjunan di Karawang, dan penembakan akselerasi di Baturaja. Mungkin penerjunannya di Baturaja. Ini masih dalam konsep. Masih tahap perencanaan. Nanti akan kita sampaikan di mana fixnya latihan Garuda Shield," ujarnya.

Lebih jauh Mayjen TNI Nugraha Gumilar menjelaskan, latihan bersama Super Garuda Shield (SGS) 2024 yang digawangi oleh TNI dengan melibatkan tentara dari negara-negara sahabat itu bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI dalam operasi tempur dan memperkuat kerjasama militer dengan negara-negara peserta Latma Super Garuda Shield 2024.

Licik, Netanyahu Kirim Bos Intelijen Israel Buat Negosiasi dengan Hamas

"Garuda shield kan salah satu bentuk untuk membangun kepercayaan diri dalam pertahanan. Jadi kita bersama-sama membangun pertahanan. Setiap negara bekerja sama dalam membangun pertahanan di regional masing-masing," ujarnya.

Adapun beberapa negara sahabat yang rencananya akan berpartisipasi pada latma Super Garuda Shield 2024 diantaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Singapura, Jepang, Jerman, dan Korea Selatan.

Pengosongan 278 Bidang Lahan UIII Depok

Kemenag Optimis Pengosongan 278 Bidang Lahan UIII Depok Selesai Besok

Pengosongan 278 lahan untuk Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cisalak, Kecamatan Sukmajaya, Depok ditarget rampung pada Sabtu, 6 Juli 2024 besok.

img_title
VIVA.co.id
5 Juli 2024