Panglima TNI Temui Admiral Giuseppe Cavo Dragone di Italia, Bahas Apa?

VIVA Militer: Panglima TNI bertemu Admiral Giuseppe Cavo Dragone di Italia
Sumber :
  • Puspen TNI

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto melaksanakan kunjungan kerja ke Italia dalam rangka pertemuan bilateral dengan Kepala Staf Pertahanan Italia (Chief of Defence Staff) Admiral Giuseppe Cavo Dragone di Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia, Senin, 24 Juni 2024 kemarin.

BSSN Klarifikasi Dugaan Peretasan Data INAFIS yang Dijual di Dark Web

Pada pertemuan tersebut, pemimpin militer kedua negara memiliki kesamaan pandangan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti pendidikan, latihan, dan operasi. Siber merupakan salah satu topik khusus yang akan ditindaklanjuti kedepannya.

Selain itu Panglima TNI juga menyinggung rencana kunjungan muhibah kapal Kadet Angkatan Laut Italia yaitu ITS Amerigo Vespucci yang akan masuk ke wilayah perairan Indonesia dan berlabuh di pelabuhan Belawan, Medan Sumatera Utara atau disalah satu titik pemberhentian di perairan Indonesia lainnya.

KSAL Ungkap Peran Penting Pushidrosal Dalam Menjaga Kedaulatan dan Keamanan Laut Indonesia

Panglima TNI menyampaikan kehadiran kapal muhibah Angkatan Laut Italia di Indonesia agar dapat menjadi momen Kadet Angkatan Laut Indonesia untuk onboard di ITS Amerigo Vespucci, sehingga Kadet dari Indonesia dapat berinteraksi dengan Kadet Italia.

VIVA Militer: Panglima TNI bertemu dengan Admiral Giuseppe Cavo Dragone

Photo :
  • Puspen TNI
Tentara Israel Bunuh 10 Orang Keluarga Pemimpin Hamas di Gaza Utara

Jenderal Agus Subiyanto menegaskan, TNI menyambut baik kehadiran kapal-kapal Angkatan Laut Italia di kawasan perairan Indonesia dan dapat dilaksanakan Passing Exercise (Passex) dengan kapal-kapal perang Indonesia. 

"Hal tersebut merupakan bentuk persaudaraan AL seluruh dunia (naval brotherhood) dan upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara AL dan Italia," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Selasa, 25 Juni 2024.

Untuk diketahui, kunjungan Panglima TNI ke Italia ini mendapat sambutan luar biasa dari Kepala Staf Pertahanan Italia, karena kedatangan pejabat militer nomor satu di Italia itu bertepatan dengan momentum peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya