Kondisi Mengerikan Mesin Pesawat Garuda saat Dievakuasi TNI di Bandara Sultan Hasanuddin

VIVA Militer: TNI evakuasi Pesawat Garuda di Bandara Sultan Hasanuddin
Sumber :
  • Lanud Sultan Hasanuddin

VIVA –Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA-1105 yang sedang terbang dari Makassar menuju tanah suci Mekah terpaksa mendarat darurat akibat terjadinya kerusakan mesin.

Laknat, Tentara Israel Hancurkan Masjid Ibnu Utsman Gaza

Berdasarkan siaran resmi TNI Angkatan Udara dilansir VIVA Militer, Kamis 16 Mei 2024, peristiwa itu terjadi Rabu sore di Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Jadi ceritanya sekira pukul 15:30 WITA, pesawat lepas landas membawa 450 jemaah calon haji kloter lima embarkasi Makassar. Namun beberapa saat setelah take off, tiba-tiba ada panggilan darurat dan pesawat akan kembali mendarat. Pesawat mengalami rusak pada mesin dan harus kembali ke Bandar Udara Sultan Hasanuddin untuk pendaratan darurat.

Oknum Prajurit TNI Buka Lapak Judi dan Bakar Rumah Wartawan di Karo, Kodam I/BB: Itu Tidak Benar

VIVA Militer: Pesawat Garuda mesin rusak di Bandara Sultan Hasanuddin

Photo :
  • Lanud Sultan Hasanuddin

Mendapat informasi itu, Komandan Lanud Sultan Hasanuddin, Marsekal Pertama TNI Bonang Bayuaji langsung mengeluarkan perintah darurat untuk semua prajuritnya, agar menyiapkan operasi penyelamatan dan evakuasi penumpang pesawat.

Sukses Uji Coba Meriam Leonardo, Kapal Perang Kepresidenan KRI Bung Karno-369 Muncul di Selat Jawa

Dalam secepat kilat, dengan dipimpin langsung Marsma TNI Bonang, prajurit TNI dan pihak terkait langsung menyiapkan landasan pacu untuk pendaratan pesawat. Enggak cuma itu, segala kebutuhan evakuasi disiapkan di sekitar landasan.

VIVA Militer: Pesawat Garuda mesin rusak di Bandara Sultan Hasanuddin

Photo :
  • Lanud Sultan Hasanuddin

Sekira pukul 17:00 WITA pesawat muncul dari langit dan proses pendaratan dilaksanakan. Perlahan sang garuda berhasil menggapai landasan pacu. Dari kejauhan terlihat kondisi kerusakan mesin pesawat cukup mengerikan, salah satu mesin tampak sudah dalam kondisi robek. Dan pihak Garuda menyebutkan sempat memercikan api di udara.

Akhirnya tepat pukul 17:15 WITA pesawat berhasil didaratkan dengan sempurna. Prajurit TNI pun berlarian mendekati pesawat dan mengevakuasi seluruh penumpang dan kru pesawat.

Baca: Kisah Tak Terduga Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Fadjar Bermotor Tembus Hutan Lebat Hingga Rawa Darah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya