Kenang Jenderal Kopassus Doni Monardo, Panglima TNI: Beliau Jenderal Smart!

Pemakaman mantan Kepala BNPB Letjen TNI (Purn) Doni Monardo di TMP Kalibata
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memiliki kisah atau kenangan tersendiri dengan seniornya yang juga mantan Danjen Kopassus almarhum Letjen TNI Doni Monardo

Menyayat Hati, Tangis Perantau Pecah saat Saksikan Pemakaman Ibunya Cuma Lewat Video Call

Menurut Panglima TNI, almarhum Doni Monardo memiliki banyak kelebihan di matanya. Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah itu dikenal sebagai salah satu prajurit terbaik Kopassus. 

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menceritakan pada saat tugas operasi di Timor Timur tahun 1995 lalu, Doni Monardo  sudah menjadi rujukan bagi dirinya, serta prajurit Kopassus lainnya.

Jokowi Kenang Faisal Basri: Beliau Ekonom Kritis

"Saat itu beliau berpangkat Kapten, saya masih Letnan Dua (Letda)," kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di TMP Nasional Kalibata, Jakarta, Senin, 4 Desember 2023.

Selain itu, lanjut Panglima TNI, dirinya juga pernah bertugas di Korem 061/Surya Kencana, Bogor menggantikan Doni Monardo sebagai Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana sebelumnya.

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

Ketika dirinya menjabat Danrem Surya Kencana Bogor, lanjut Panglima TNI, Letjen TNI Doni Monardo menjabat Kepala BNPB. Sehingga, kata Panglima TNI, dirinya sempat melakukan kegiatan bersama dalam penanganan COVID-19.

"Beliau itu kalau kerja fokus, sehingga kalau kegiatan itu ada targetnya berhasil, seperti penanganan COVID-19, dulu penanganan Tim Tim dengan saya juga," kata Panglima TNI.

VIVA Militer: Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto

Photo :
  • Istimewa/Viva Militer

Terakhir, kata Panglima TNI, ketika dirinya masih menjabat Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad), dia sempat bertemu dengan almarhum Doni Monardo di wilayah Cibubur yang menjadi lokasi penyemaian bibit pohon Trambesi milik almarhum Letjen TNI Doni Monardo. 

Di penghujung usianya, almarhum Doni Monardo, kata Panglima TNI, masih memikirkan dan menyiapkan pohon yang akan ditanam di wilayah Ibukota baru, IKN.

"Saya waktu itu dengan beliau, dengan Menteri PUPR di Cibubur. Beliau punya lahan untuk penyemaian di Cibubur, kita pilih tanaman-tanaman yang kuat untuk di IKN waktu itu dan saya waktu itu Wakasad menyiapkan angkutannya. Jadi waktu itu tanaman-tanaman itu diangkut dari Cibubur ke Tanjung Priok, kemudian dibawa ke IKN," ungkap Jenderal Agus.

"Beliau itu smart ya. Jarang Prajurit yang seperti almarhum, seperti yang saya sampaikan tadi beliau itu menjadi panutan bagi adik-adiknya," tutur Jenderal TNI Agus Subiyanto mengenang almarhum Letjen TNI Doni Monardo.

Sebagaimana diketahui, salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI AD Letjen TNI Doni Monardo meninggal dunia pada hari Minggu, 3 November 2023 sekitar pukul 17.32 wib di Rumah Sakit Siloam, Jakarta. Mantan Danpaspampres itu wafat setelah sakit dan mendapatkan perawatan intensif oleh tim dokter sejak beberapa bulan lalu. 

Sebelum dimakamkan di TMP Nasional Kalibata, jenazah almarhum Doni Monardo sempat disemayamkan di Markas Komando Kopassus, Cijantung.

Pantauan VIVA Militer di lapangan, sejumlah petinggi militer turut hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Kepala BNPB itu. Diantaranya adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Koorsahli Kasad Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Pangkostrad Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa. 

Selain itu, turut hadir Wakil Presiden RI ke-6 yang juga pernah menjabat Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) AM. Hendropriyono, serta mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya