Panglima TNI Tunjuk Mayjen Saleh Mustafa Jadi Pangkostrad Gantikan Maruli Simanjuntak

VIVA Militer: Mayjen TNI M Saleh Mustafa.
Sumber :

Jakarta – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan di lingkungan TNI. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 49 Perwira Tinggi (Pati) TNI dari tiga matra yang mengalami pergantian posisi.

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Dari daftar 49 Pati TNI yang dimutasi tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menunjuk Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad) untuk menggantikan posisi Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Sementara, posisi Kaskostrad akan ditempati oleh Mayjen TNI Farid Makruf yang saat ini menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya.

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Dari informasi yang diperoleh VIVA Militer, Rabu, 29 November 2023, mutasi dan rotasi ditubuh TNI itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia. 

Untuk diketahui sebelumnya, Rabu siang tadi, Presiden RI Joko Widodo telah melantik Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang pekan lalu secara resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi.

Pembahasan UU Angkatan Siber TNI Harus Libatkan Masyarakat, Kata Pengamat

Pelantikan Maruli Simanjuntak sebagai Kasad itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103 - TNI Tahun 2023, tentang Pemberhentian Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Pengangkatan Letjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat yang baru, terhitung mulai tanggal 29 November 2023. 

Usai Pembacaan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat, kemudian Presiden Joko Widodo menyematkan tanda jabatan Kasad, dan dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan, serta penandatanganan berita acara pengangkatan. Semua prosesi tersebut disaksikan pula oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal TNI Listyo Sigit Prabowo. 

Setelah dilantik sebagai Kasad, maka Maruli Simanjuntak kini resmi menyandang pangkat bintang empat di pundaknya. Kenaikan pangkat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 104 - Tahun 2023, tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Perwira Tinggi TNI, sehingga Kasad kini resmi menyandang pangkat baru sebagai Jenderal TNI (Bintang Empat).

VIVA Militer: Lettu Pnb Arya Wishnu Wardana terbangkan F-16 FF

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

F-16 Fighting Falcon diterbangkan dari Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2024