3 Letkol Diganti, Mayor Sandi Varikta Melesat Jadi Komandan Pasukan Senyap Hantu Laut Marinir TNI

VIVA Militer: Serah terima jabatan Pasmar 2
Sumber :
  • Pasmar 2

VIVA – Korps Marinir TNI Angkatan Laut baru saja melakukan pergantian sejumlah pejabat penting di lingkungan Pasmar 2.

Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Pasukan Marinir (Pasmar) 2 dilansir VIVA Militer,  Jumat 20 Oktober 2023, ada tiga jabatan utama yang diserah terimakan, antara lain:

Jabatan Komandan Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 2, Komandan Detasemen Markas (Denma) Pasmar 2 dan jabatan Komandan Batalyon Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) VII.

4 Hari Muncul di Perairan RI, Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Akhirnya Pergi ke Lautan Lepas

VIVA Militer: Serah terima jabatan Pasmar 2

Photo :
  • Pasmar 2

Dalam prosesi upacara serah terima jabatan yang dipimpin  Komandan Pasukan Marinir (Danpasmar) 2, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto,  di Lapangan Apel Mako Pasmar 2 Gedangan Sidoarjo, Jawa Timur, Yontaifib 2 Marinir diserah terimakan dari Letkol Mar Suherman kepada Mayor Mar Sandi Varikta.

Mutasi Besar-besaran Terjadi, 22 Jenderal Tinggalkan TNI dan Seorang Mayjen Meninggal Dunia

Lalu jabatan Dandenma Pasmar 2 diserah terimakan dari Letkol Mar Ahmad Fauzi kepada  Mayor Mar Helmy Hamsyir. Dan jabatan Yonmarhanlan VII dari Letkol Mar Eko Sutrisno kepada Letkol Mar Hariadi Akmur.

Yang menarik perhatian VIVA Militer dalam pergantian 3 pejabat penting di jajaran Pasmar 2 ini ialah soal sosok Mayor Mar Sandi Varikta.

VIVA Militer: Serah terima jabatan Pasmar 2

Photo :
  • Pasmar 2

Tahu enggak, ternyata beliau ini bukan wajah baru di batalyon pasukan khusus Pasmar 2 ini. Sebab, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 51 tahun 2005 ini pada 2020 pernah menjadi Wakil Komandan Yontaifib 2 Marinir, ketika komandannya dijabat Letkol Mar Sri Utomo.

Ia meninggalkan Yontaifib 2 karena harus mengikuti Pendidikan Reguler Sekolah Komando Angkatan Laut. Setelah menyelesaikan Dikreg Seskoal, Mayor Mar Sandi Varikta juga tak langsung kembali ke Taifib.

Karena ia dipercaya untuk menjabat Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kupang dan kemudian pindah ke Sumatera untuk menjabat Kepala Kantor KSOP Kelas II Palembang.

Di satuan pasukan khusus rahasia Marinir ini, ia enggak cuma pernah di Yontaifib 2 tapi juga pernah di Yontaifib 1 dan saat itu dipercaya menjabat Kepala Seksi Operasi dan Latihan (Pasiopslat).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya