Kapal Perang Amerika yang Membawa Belasan Ranpur Tentara Australia Masuk Indonesia

VIVA Militer: Belasan Kendaraan Tempur militer Australia tiba di Surabaya
Sumber :
  • Puspen TNI

Surabaya – Belasan Kendaraan Tempur (Ranpur) dan Kendaraan Taktis (Rantis) milik Angkatan Darat Australia yang akan diturunkan dalam Latihan Gabungan Multinasional Super Garuda Shield (SGS) 2023 sudah tiba di Indonesia.

Jelang Pelantikan Presiden, 10 Kapal Perang TNI AL Siaga Penuh di Perairan Teluk Jakarta

Belasan alutsista andalan milik militer Australia itu dibawa ke Indonesia dengan menggunakan Kapal Perang USAV SSGT Robert T. Kuroda (LSV-7) milik Amerika Serikat, dan tiba pada hari Kamis, 23 Agustus 2023 kemarin, di Dermaga Jamrud Utara, Tanjung Perak, Surabaya.

Setibanya di Surabaya, seluruh Alutsista tentara Australia itu kemudian melaksanakan konvoi bergerak menuju daerah latihan di Asembagus, Situbondo Jawa Timur dengan pengawalan ketat dari Pomdam V Brawijaya.

Ini Deretan Pesawat TNI AU yang Akan Dikerahkan di Momen Bersejarah Pelantikan Prabowo-Gibran

Adapun Alutsista militer Australia yang diangkut dengan menggunakan kapal perang AS itu terdiri dari 12 unit kendaraan tempur dan taktis yang meliputi Tank M1A1 Abrams, M113AS4 Armoured Personnel Carrier (APC) dan beberapa kendaraan pengangkut logistik dan medis milik Angkatan Bersenjata Australia.

VIVA Militer: Tank M1A1 Abrams milik Angkatan Darat Australia tiba di Surabaya

Photo :
  • Puspen TNI
Balik dari Perbatasan Israel, Komandan Badak Putih Kostrad TNI Letkol Andika Naik Jadi Dandim 1005

Untuk diketahui, dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Jum'at, 25 Agustus 2023, tiga hari lalu  81 personel prajurit pilihan Angkatan Darat Australia sudah lebih dulu tiba di Indonesia. 

81 prajurit Angkatan Darat Australia itu tiba di Markas Komando (Mako) Pangkalan Udara Angkatan Laut (Lanudal) Juanda dengan menggunakan FC Pesawat Royal Australian Air Force/ASY716 KC-30A/A39-004.

Puluhan prajurit yang berasal dari satuan 3rd Health Battalion dan 1st Armoured Regiment RAAF Base Edinburgh yang bermarkas di kota Adelaide, Australia itu tiba dengan membawa material tempur perorangan yang akan digunakan pada latihan militer besar-besaran Super Garuda Shield (SGS) 2023 pada akhir Agustus hingga pertengahan September 2023 mendatang.

VIVA Militer: Dankopasgat pimpin upacara HUT ke-77 Kopasgat di Bandung

HUT Ke-77 Kopasgat TNI AU, Ini Pesan KSAU ke Prajurit Korps Baret Jingga

Apa pesan KSAU Marsekal TNI M. Tonny Harjono untuk prajurit Kopasgat?

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2024