Hadapi Keberingasan Teroris OPM, Pangdam Cenderawasih Bentuk 4 Kodim Baru di Papua

Prajurit TNI AD. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • twitter.com

Jayapura – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan telah meresmikan empat Kodim baru di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih. Selain itu, Jenderal bintang dua TNI AD itu juga telah melantik empat perwira TNI AD yang akan menjabat Komandan Kodim (Dandim) yang akan memegang tongkat komando di empat wilayah Kodim baru tersebut.

Kapolda Papua Ajak Pimpinan Daerah Jaga Kedamaian Tanah Papua Jelang Pilkada

Peresmian empat Kodim dan pelantikan para Dandim itu dilakukan di Gedung Herman Assaribab Makodam XVII/Cenderawasih pada hari Sabtu, 15 Juli 2023 kemarin.

Empat Kodim yang baru dibentuk di wilayah Papua itu adalah, Kodim 1706/Nduga, Kodim 1713/Lanny Jaya, Kodim 1716/Tolikara di bawah Komando Korem 172/PWY dan Kodim 1717/Puncak di bawah Komando Korem 173/PVB.

Korban Propaganda Teroris: Perempuan Harus Lebih Waspada terhadap Bujuk Rayu Radikalisme

Dalam sambutannya, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengucapkan selamat datang kepada seluruh pejabat baru di Kodam XVII/Cenderawasih. 

Pangdam Cenderawasih meminta kepada seluruh Dandim yang baru dilantik untuk segera mempelajari kondisi, tradisi serta budaya Papua untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas. 

2 Teroris Jamaah Ansharut Daulah Dicokok di Bima, Begini Perannya

"Kodam XVII/Cenderawasih sebagai bagian dari TNI AD melaksanakan pengembangan gelar satuan melalui pembentukan 4 Kodim baru jajaran Kodam XVII/Cenderawasih yaitu Kodim 1706/Nduga, Kodim 1713/Lanny Jaya, Kodim 1716/Tolikara di bawah Komando Korem 172/PWY dan Kodim 1717/Puncak di bawah Komando Korem 173/PVB," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan dalam keterangan resminya yang diterima VIVA Militer, Minggu, 16 Juli 2023.

VIVA Militer: Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak P. Lantik 4 Dandim Baru

Photo :
  • Pendam XVII/Cenderawasih

Pangdam Cenderawasih pun kembali menegaskan alasan pembentukan empat satuan teritorial baru TNI Angkatan Darat di wilayah Papua tersebut.

"Kondisi wilayah di 4 Kodim baru tersebut sangat membutuhkan kehadiran aparat teritorial untuk menjamin stabilitas keamanan dihadapkan dengan tingginya pengaruh dan ancaman dari Kelompok Separatis Teroris (KST) yang ada di wilayah Papua," ujarnya.

Lebih jauh lagi Mayjen TNI Izak menjelaskan, keberadaan Kodim memiliki peran penting diharapkan dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi kemajuan pembangunan di wilayah Papua.

Adapun empat Perwira TNI AD yang baru dilantik oleh Pangdam XVII/Cenderawasih sebagai Komandan Kodim baru adalah, Letnan Kolonel (Letkol) Inf Hulisda Melala Dandim 1706/Nduga Korem 172/PWY, (Jabatan sebelumnya Danyonif R 509/BY/9/2 Kostrad), Letnan Kolonel (Letkol) Inf Triyono Hadiyanto Dandim 1713/Lanny Jaya Korem 172/PWY, (Jabatan sebelumnya Dansecaba Rindam II/Sriwijaya), Letkol Inf Marolop Edison Bala Hutapea Dandim 1716/Tolikara Korem 172/PWY, (Jabatan sebelumnya Dandodiklatpur Rindam IV/Diponegoro), dan Letnan Kolonel Inf Jonathan Nidio Aprimanda Dandim 1717/Puncak Korem 173/PVB, (Jabatan sebelumnya Dansecata Rindam XVII/Cenderawasih).

"Segera menyesuaikan diri dengan tugas yang baru, buatlah terobosan positif, inovatif dan kreatif serta laksanakan koordinasi komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, Polres, DPRD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat serta junjung tinggi adat istiadat, sebagaimana pepatah dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Hal ini perlu dilakukan agar lebih optimal dalam mendukung pencapaian tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih," tutup Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya