Moment KSAD Singapura Bersama Jenderal TNI Dudung Saksikan Perang Kota di Kerawang

VIVA Militer: Aksi Prajurit TNI AD dalam latihan Pertempuran Kota Latma Indopura
Sumber :
  • Pendam Jaya/Jayakarta

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Singapura atau Chief Of Singapura Army Mayor Jenderal David Neo Chin Wee bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman pada hari Sabtu, 15 Oktober 2022 kemarin menyaksikan secara langsung puncak latihan bersama (Latma) antara prajurit TNI Angkatan Darat dengan Singapura Armed Force (SAF) yang digelar di Daerah Latihan Dawuan, Desa Karang Anyar, Kerawang, Jawa Barat.

Ini Deretan Pesawat TNI AU yang Akan Dikerahkan di Momen Bersejarah Pelantikan Prabowo-Gibran

Latihan Bersama dua negara sahabat yang bertajuk Latma Safkar Indopura-34/2022 itu membuat Chief Of Singapura Army Mayor Jenderal David Neo Chin Wee terkesima dengan kemampuan dan kekompakan prajurit Angkatan Darat dua negara sahabat tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, para prajurit TNI Angkatan Darat dari satuan Kodam Jayakarta bersama Singapura Armed Force (SAF) melangsungkan materi Perang Kota, dimana pasukan dari Yonif Mekanis 202/Tajimalela bersama pasukan dari Singapore Armed Forces (SAF) bekerja sama melumpuhkan lawan dan merebut sasaran.

Balik dari Perbatasan Israel, Komandan Badak Putih Kostrad TNI Letkol Andika Naik Jadi Dandim 1005

Untuk diketahui, Latma Safkar Indopura-34/2022 sendiri digelar selama 10 hari. Sejumlah materi telah dilatihkan bersama dalam latihan dua negara sahabat yang digelar secara rutin setiap tahun tersebut. 

Adapun materi yang dilatihkan diantaranya adalah, Pengenalan Satuan dan Display Persenjataan, Profesional Exchange tentang Teknik, Taktik dan Prosedur Operasi Purkota (Pertempuran Kota), Pengenalan Rantis Anoa, Live Firing Excercise, Command Post Excercise tingkat Brigade dan Batalyon, serta Field Training Excercise tingkat Batalyon dalam Operasi Purkota (Pertempuran Kota).

TNI AU Kerahkan 2.245 Personel hingga Pesawat Tempur F-16 untuk Amankan Pelantikan Presiden Prabowo

VIVA Militer: Jenderal Dudung dan KSAD Singapura tinjau Latma Safkar Indopura

Photo :
  • Pendam Jaya/Jayakarta

Ketika memimpin Upacara Penutupan Latma Safkar Indopura-34/2022, KSAD Jenderal TNI Dudung menegaskan, Safkar Indopura bukan hanya sekadar latihan bersama. Menurut Jenderal Dudung, moment ini merupakan wujud dari persahabatan antara dua negara dan dua Angkatan Darat yang terjalin sejak tahun 1989 silam.

"Melalui latihan bersama ini kita saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan teknik bertempur, karena kita memiliki visi yang sama, yang terjalin dari ikatan persaudaraan dan kemitraan strategis yang penting di Asia Tenggara," kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman di hadapan Chief Of Singapura Army Mayor Jenderal David Neo Chin Wee dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Kodam Jayakarta, Senin, 17 Oktober 2022.

Dalam kesempatan itu, sejumlah pejabat utama TNI Angkatan Darat turut hadir mendampingi KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, diantaranya Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Untung Budiharto, Danrindam Kodam Jaya Kolonel Inf Ayub Akbar, serta sejumlah pejabat tinggi Angkatan Darat Singapura lainnya turut hadir dalam upacara penutupan Latma Safkar Indopura 2022 tersebut.

VIVA Militer: Kapal Perang TNI AL siaga di Perairan Teluk Jakarta

Jelang Pelantikan Presiden, 10 Kapal Perang TNI AL Siaga Penuh di Perairan Teluk Jakarta

3.500 prajurit Marinir TNI AL dikerahkan untuk amankan pelantikan Prabowo - Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2024