Komandan Raider Modang TNI Berhasil Mendarat di Distrik Mati Paling Horor di Papua

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 600 Modang di Distrik Suru-suru, Papua.
Sumber :
  • Yonif Raider 600 Modang

VIVA – Ada kabar baik datang dari ujung timur Indonesia, Komandan Batalyon Infanteri Raider 600/Modang, Letnan Kolonel Inf Hanif Arridho dikabarkan telah berhasil mendarat dengan selamat di distrik paling horor di Papua.

TNI Makin Ngeriii, 5 Bulan Lagi Rudal Balistik yang Diborong Prabowo dari Turki Tiba di Nusantara

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Yonif Raider 600/Modang dilansir VIVA Militer, Rabu 12  Oktober 2022, Letkol Inf Hanif berhasil masuk ke wilayah bernama Distrik Suru-suru itu melalui jalur udara.

Jadi, Letkol Inf Hanif bersama pasukannya masuk menggunakan dua helikopter yaitu helikopter Caracal HT-7204 milik TNI Angkatan Udara dan helikopter Bell 412 HA-5185 milik TNI Angkatan Darat.

Buta Cara Gunakan Senapan, Wajib Militer Ukraina Dilempar ke Neraka Perang

Pasukan Raider asal Komando Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman itu mendarat di Suru-suru untuk memastikan distrik yang pernah diserang dan dikuasai kelompok teroris separatis bersenjata OPM Papua itu aman.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 600 Modang di Distrik Suru-suru, Papua.

Photo :
  • Yonif Raider 600 Modang
Tinggalkan Korps Marinir, Wadan Kormar Brigjen TNI Suherlan Berpamitan ke Prajurit Petarung

Selain itu, pasukan Yonif Raider 600/Modang juga mengirimkan dukungan logistik dari Timika untuk prajurit TNI yang bertugas di Pos Ramil Suru-suru.

"Kunjungan ini dimaksudkan untuk meyakinkan warga bahwa Suru-suru aman dan agar tidak takut untuk kembali ke rumah masing-masing," kata Letkol Inf Hanif.

Distrik Suru-suru menjadi wilayah paling horor setelah terjadi penyerangan besar-besaran yang dilakukan OPM Papua terhadap prajurit TNI yang bertugas di Markas Koramil Suru-suru pada 20 November 2021.

Terjadi bentrok senjata selama lebih dari enam jam antara prajurit TNI dan OPM Papua yang diduga gabungan dari dua kelompok yaitu kelompok Tendius Gwijangge dan kelompok Egianus Kogoya.

VIVA Militer: Pasukan Yonif Raider 600 Modang di Distrik Suru-suru, Papua.

Photo :
  • Yonif Raider 600 Modang

Akibatnya seorang prajurit TNI bernama Sersan Satu Ari Baskoro gugur tertembak, dan Komandan Koramil Suru-suru, Kapten Inf Arviandi terluka.

Setelah bentrok tembak, OPM Papua bergerak masuk pemukiman warga, di sana mereka berbuat onar. Warga pun berlarian menyelamatkan diri, mereka memilih mengosongkan kampung dan mengungsi di hutan-hutan. Sejak penyerangan itu, wilayah Suru-suru menjelma jadi distrik mati tak berpenghuni.

Untuk diketahui, Distrik Suru-suru merupakan salah satu wilayah terpencil di Papua. Letaknya berada di antara tiga wilayah kabupaten, yaitu Yahukimo, Nduga dan Asmat. Untuk menuju ke Distrik Suru-suru hanya bisa ditempuh melalui jalur udara dengan helikopter atau melalui jalur air dengan perahu.

Baca: Brigjen TNI Bangun Ungkap Kisah Pilu Pendiri Aremania Hilang Usai Tragedi Kanjuruhan

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya