Ini Sosok Marsekal TNI AU yang Cetak Sejarah Baru Jadi Danpaspampres

VIVA Militer: Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko resmi jabat Danpaspampres
Sumber :
  • Pen kopasgat

VIVA – Sebuah kebanggaan bagi satuan elite Korps Baret Jingga TNI Angkatan Udara baru saja terwujud. Pasalnya, salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Udara, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko yang dibesarkan oleh satuan elite Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) telah berhasil pecahkan rekor sejarah di lingkungan TNI Angkatan Udara. 

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

Pria lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1993 itu hari ini, Senin, 18 Juli 2022 secara resmi dilantik sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) menggantikan Mayjen TNI Tri Budi Utomo yang saat ini menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman.

Dengan pengangkatan ini, pangkat Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko otomatis akan naik pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Marsekal Muda (Marsda) TNI. 

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Lalu siapa sebenarnya Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko ini?

Dari penelusuran VIVA Militer, Wahyu Hidayat bukanlah orang baru di lingkungan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Selama meniti karier di dunia militer, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko telah menduduki sejumlah jabatan strategis, diantaranya menjadi Komandan Batalyon Komando 462/Paskhas pada tahun 2006, Komandan Skadron Udara Karbol I Wingkar AAU pada tahun 2008.

Setelah itu dia mendapatkan promosi untuk menjabat Danden 3 Grup A Paspampres pada tahun 2010, Wadan Grup A Paspampres, Komandan Grup C Paspampres.

VIVA Militer: Marsma TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko (tengah)

Photo :
  • Pen. Kopasgat TNI AU

Kemudian, pada tahun 2014 karier militernya kian melesat. Dia dipercaya untuk menduduki posisi Asops Korpaskhas hingga tahun 2015. Setelah itu dia kembali didapuk sebagai Komandan Pusdiklat Paskhas pada tahun 2015-2016. 

Tidak sampai di situ saja, pada tahun 2016, dia kembali mendapatkan kepercayaan untuk menempati posisi Patun Kelompok Susstaf Korsis Seskoau, lalu pada tahun 2018 hingga 2021 dia menjabat Asren Korpaskhas sebelum berganti nama menjadi Kopasgat. Dan terakhir, tahun 2021 dia kembali lagi ke satuan elite pengawal Presiden RI, Wakil Presiden RI, serta keluarganya dan  menempati jabatan Wakil Komandan Paspampres mendampingi Danpaspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Dengan diangkatnya Marsekal Pertama (Marsma) TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko sebagai Komandan Paspampres hal ini merupakan kebanggaan bagi Korps Baret jingga , Kopasgat. Selain menjadi kebanggaan bagi Kopasgat juga sebagai sebuah prestasi luar biasa dan mengukir sejarah baru, dimana Marsma TNI Wahyu Hidayat Sujatmiko dipercaya pimpinan atas untuk menduduki jabatan Danpaspampres yang pertama kali sepanjang sejarah Satuan Pasukan Pengamanan Presiden itu dibentuk sejak tahun 1946 silam.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya