Marsekal TNI Peraih Adhi Makayasa AAU 93 Jabat Danlanud Rsn Pekanbaru

VIVA Militer: Marsma TNI Ian Fuadi resmi dilantik jadi Danlanud Roesmin Nurjadin
Sumber :
  • Dispen Lanud Rsn

VIVA – Pergantian kepemimpinan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali terjadi. Kali ini pergantian jabatan itu terjadi di lingkungan TNI Angkatan Udara

Radar Canggih GCI Buatan Thales Prancis Akan Perkuat Sistem Pertahanan Udara TNI AU

Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsda TNI Tedi Rizalihadi pada hari Senin, 27 Juni 2022 kemarin, secara resmi melantik Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ian Fuadi menjadi Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Roesmin Noerjadin Pekanbaru yang baru menggantikan Marsma TNI Andi Kustoro.

Upacara Sertijab yang digelar di Apron Baseops Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru itu dihadiri oleh ratusan prajurit TNI Angkatan Udara yang mengawaki jet tempur TNI Angkatan Udara, Gubernur Riau Syamsuar dan Kapolda Riau Ijen. Pol. Muhammad Iqbal, serta unsur Forkopimda lainnya.

Kolonel Atang Sudrajat Resmi Dilantik Jadi Kepala Puskodal Koopsudnas

Untuk diketahui, Marsekal Pertama TNI Ian Fuadi merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara (AAU) dan peraih Bintang Adhi Makayasa pada tahun 1993.

Marsma TNI Ian juga bukan orang baru di lingkungan penerbang jet tempur TNI Angkatan Udara. Dia dikenal sebagai salah satu penerbang handal TNI Angkatan Udara yang biasa mengawaki jet tempur F-16 Fighting Falcon.

Nafsu Gempur Hizbullah, Israel Ternyata Krisis Jumlah Tentara

Sebelum menjabat dipercaya mengemban amanat baru sebagai Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ian juga pernah menjabat beberapa jabatan strategis, diantaranya, Komandan Skadron 3 Lanud Iswahyudi pada tahun 2009-2011. Kemudian, Atase Pertahanan KBRI Jepang pada tahun 2014-2018, dan terakhir dia menjabat sebagai Dirdik Kodiklatau pada tahun 2021-2022.

Sementara itu, Danlanud Roesmin Nurjadin sebelumnya, Marsma TNI Andi Kustoro saat ini dipercaya oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menempati jabatan barunya sebagai Perwira Sahli Tingkat III Bidang Ekkudag Panglima TNI.

"Kemudian Berdasarkan Keputusan Presiden RI, nomor 36/TNI/2022 mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya menjadi Marsekal Muda TNI (Bintang Dua) yang akan melaksanakan lapor korps kenaikan pangkat pada hari Selasa tanggal 28 Juni 2022 di Mabes TNI," Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi penerangan Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa, 28 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya