Pesan Tak Terduga Letkol TNI Haris 29 Hari Sebelum Meninggal Dunia

VIVA Militer: Letkol Arh Haris Atmaja
Sumber :
  • Kodim Sumbawa

VIVA – Dunia militer tanah air baru saja kehilangan salah satu perwira terbaik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat.

Innalillahi... TNI Berduka, Kolonel Taufan Meninggal Dunia di Yogya

Perwira TNI Angkatan Darat itu ialah almarhum Letnan Kolonel (Letkol) Arh Haris Atmaja Adinata. Beliau tutup usia karena sakit di RSUP Mataram, kemarin Senin 21 Februari 2022.

Yang tak kalah mengharukan, almarhum Letkol Arh Haris belum lama dipindah tugaskan ke Nusa Tenggara. Beliau baru mendapat amanat mengemban tugas sebagai Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 1607/Sumbawa, pada pertengahan bulan Januari 2022.

Balik dari Perbatasan Israel, Komandan Badak Putih Kostrad TNI Letkol Andika Naik Jadi Dandim 1005

Ada peristiwa menarik perhatian VIVA Militer ketika pertama kali jebolan Akademi Militer (Akmil) 2002 itu memberikan pengarahan sebagai Komandan Kodim 1607/Sumbawa.

Jadi ketika itu pada 25 Januari 2022, Letkol Arh Haris bersama istri tiba di Markas Kodim 1607/Sumbawa. Di sana mereka disambut dengan tradisi pedang pora.

Peristiwa Menegangkan saat Prajurit TNI Selamatkan Ibu Hamil di Pelosok Papua

Setelah itu, Letkol Arh Haris memberikan pengarahan perdana kepada seluruh prajurit TNI yang berada di bawah kendali Kodim 1607/Sumbawa.

Hal pertama yang disampaikan Letkol Arh Haris kala itu ialah soal arahan bagi prajurit TNI untuk mendukung dalam melaksanakan tugas dan tetap selalu menjaga nama baik satuan dalam membantu pembangunan di Kabupaten Sumbawa.

"Saya berharap agar kita saling mendukung dalam melaksanakan tugas sesuai dengan yang telah direncanakan dan saya meminta kepada Para Babinsa agar menyampaikan Kondisi wilayahnya yang memiliki potensi pariwisata untuk kita bantu promosikan ke luar daerah", kata Dandim.

Lalu di akhir pengarahannya, secara tak terduga Letkol Arh Haris menyampaikan sebuah pesan kepada prajuritnya soal keluarganya.

"Secara lahir batin saya titipkan keluarga saya kepada keluarga besar Kodim 1607/Sumbawa agar terjalin tali silaturahmi yang baik," kata Letkol Arh Haris.

Ternyata kalimat terakhir itu menjadi pesan yang sangat berkesan, sebab 29 hari setelah menyampaikan pesan, beliau tutup usia meninggalkan semua orang-orang yang dicintai termasuk istri dan anak-anaknya.

Perlu diketahui, Letkol Arh Haris belum lama dipercaya pindah ke Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana untuk menjabat Dandim 1607/Sumbawa, baru bulan Januari 2022 lalu. Beliau menggantikan Letkol Kav Rudi Kurniawan.

Sebelumnya almarhum menjabat sebagai Komandan Batalyon Artileri Pertahanan Udara Sedang 14/Pratiti Wira Yudha di Cirebon, Jawa Barat.

Baca: Bendera Setengah Tiang di Cimahi, Prajurit Dewa Perang TNI Meninggal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya