Gila, Rudal Baru Kim Jong-un Punya Kekuatan 4,5 Ton Nuklir

VIVA Militer: Kim Jong-un saksikan uji coba rudal balistik nuklir Korea Utara
Sumber :
  • kcnawatch.org

VIVA – Korea Utara (Korut) kembali melakukan uji coba senjata berkemampuan nuklir, Kamis 19 September 2024. Peluncuran rudal balistik tersebut disaksikan langsung oleh pemimpin tertinggi, Kim Jong-un, di tempat yang dirahasiakan.

Dua Prajurit Yudha Sakti TNI Gugur di Perbatasan Negara, Letkol Petir Menangis

Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Korea Utara, KCNA, rezim komunis kedua terbesar di Asia mencapai keberhasilan dalam uji coba senjata terbarunya.

Kim menyatakan sangat puas dengan keberhasilan peluncuran senjata barunya. Putra ketiga Kim Jong-il itu menyatakan puas atas peluncuran rudal balistik yang diketahui adalah Hwasongpho-11-Da.

Komandan Marinir Kabur, Ratusan Tentara Ukraina Menyerah Tanpa Perlawanan

Rudal jarak pendek yang dirancang dan dibangun oleh perusahaan pertahanan Korut, February 11 Plant, diklaim mampu membawa hulu ledak nuklir seberat 4,5 ton.

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Hwasong-17 militer Korea Utara

Photo :
  • defencesecurityasia.com
Hadapi Perang Hizbullah, Pasukan Elite Lintas Udara Israel Bergerak ke Perbatasan Lebanon

Hwasongpho-11-Da diyakini adalah versi terbaru dari rudal balistik jarak pendek KN-23 atau Hwasong-11Ga, yang memiliki kemiripan dengan senjata milik Rusia, 9K720 Iskander-M.

Lebih lanjut media Korut tersebut menjelaskan, rudal balistik Hwasongpho-11-Da memiliki jangkauan operasional sejauh 200 mil, atau setara dengan 322 kilometer.

"Rudal balistik tersebut memiliki potensi terbang hampir 200 mil dan memiliki daya ledak seperti hulu ledak super besar," bunyi laporan KCNA.

Hwasongpho-11-Da adalah rudal balistik jarak pendek kedua yang dimiliki oleh Korea Utara, selain KN-25 atau yang disebut dengan Hwasan-1/2.

VIVA Militer: Rudal balistik nuklir Hwasong-17 militer Korea Utara

Photo :
  • nknews.org

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari United Press International, militer Korea Utara diperkirakan mempunyai sekitar 50 unit senjata berhulu ledak nuklir pada 2024.

Dari seluruh senjata yang dimiliki Korut, Rudal Balistik Antar-Benua (ICBM) Hwasong-17 adalah yang mampu menjangkau jarak maksimum sejauh 15.000 kilometer (9.300 mil).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya