Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

VIVA Militer: Jet tempur pembom Sukhoi Su-24 Rusia menghancurkan sasaran
Sumber :
  • X/@RALee85

Kursk, VIVA – Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) secara perlahan mulai merebut kembali sejumlah wilayah di Oblast (Provinsi) Kursk, yang dikuasai oleh unit-unit militer Ukraina.

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia mengonfirmasi serangan terhadap basis-basis militer Ukraina, di sejumlah wilayah Kursk. Targetnya adalah personel dan peralatan tempur pasukan Volodymyr Zelensky.

Tak tanggung-tanggung, Pasukan Dirgantara Rusia (VKS) mengerahkan pesawat tempur Sukhoi Su-24 Fencer guna menghancurkan sejumlah sasaran yang telah ditentutkan.

Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

"Awak pesawat pembom tempur supersonik multifungsi Su-34 dari Pasukan Dirgantara, menyerang konsentrasi personel dan peralatan militer Angkatan Bersenjata Ukraina di wilayah perbatasan Kursk," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

VIVA Militer: Jet tempur pembom Sukhoi Su-24 Rusia

Photo :
  • X/@RALee85
Kapal Selam Asing Berbobot 3000 Ton Mendadak Muncul di Permukaan Laut RI, Marinir TNI Siaga

Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari Kantor Berita Rusia, RIA Novosti, militer Rusia menggunakan bom udara dengan modul perencanaan dan koreksi universal (UMPC).

Senjata tersebut diklaim memungkinkan untuk secara akurat mengenai peralatan dan tenaga musuh, dari jarak yang aman dari garis kontak tempur.

Lebih lanjut Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, serangan udara pesawat tempur Su-24 dilancarkan setelah menerima laporan intelijen terkait titik-titik penempatan pasukan dan peralatan tempur militer Ukraina.

"Setelah menerima konfirmasi dari intelijen bahwa target telah dihancurkan, kru kembali dengan selamat ke lapangan terbang keberangkatan," kata Kementerian Pertahanan Rusia melanjutkan.

VIVA Militer: Wilayah Oblast (Provinsi) Kursk, Rusia

Photo :
  • Reuters/Viacheslav Ratynskyi

Di sisi lain, mantan perwira intelijen Amerika Serikat (AS), Tony Shaffer, menilai jika Ukraina telah menelan kekalahan telak di dua sektor. Tepatnya di wilayah Donbas dan Kursk.

Meskipun menganggap serangan di Kursk menuai keberhasilan, Shaffer menilai jika Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) sama sekali tidak mencapai satu pun sasaran strategis.

"Mereka tidak dapat mencapai satu tujuan strategis (di wilayah Kursk). Dan sekarang mereka terjebak di tempat mereka berada. Pada akhirnya, ini sebenarnya merupakan kemenangan ganda bagi Rusia," ujar Shaffer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya