Dicuri Iran, Teknologi Israel Dipakai Korut Bangun Drone Bunuh Diri

VIVA Militer: Drone bunuh diri militer Korea Utara
Sumber :
  • X/@intelligencefnt

VIVA – Sebuah dugaan muncul pasca Korea Utara (Korut) meluncurkan pesawat tanpa awak (drone) terbarunya. Drone rezim Kim Jong-un diyakini serupa dengan milik militer Israel, setelah teknologinya dicuri oleh Iran.

Horor, Jet Tempur Rusia Jatuhkan Bom Setengah Ton di Front Timur Ukraina

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, Kim Jong-un mengawasi langsung uji coba drone bunuh diri (kamikaze) terbarunya di sebuah tempat yang dirahasiakan.

Pesawat tanpa awak militer Korea Utara dengan tepat menghantam sebuah sasaran dalam uji coba tersebut. 
Profesor Cho Sang-keun dari Institut Sains dan Teknologi Korea Maju di Daejon, Korea Selatan, menyatakan jika drone tersebut mampu menjangkau sasaran lebih dari 1.000 kilometer.

Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Namun demikian menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari The Times of Israel, desain pesawat tanpa awak milik Korut diyakini didapat dari Iran.

VIVA Militer: Kim Jong-un cek drone bunuh diri militer Korea Utara

Photo :
  • X/@Karmabash
Peristiwa Sedih saat Komandan TNI Bertemu Istri Setelah 17 Bulan di Belantara Papua

Teknologi pembuatan drone bunuh diri ini disebut telah dicuri oleh intelijen Iran, setelah meretas desain tersebut dari militer Israel. Seperti yang diketahui, Iran adalah salah satu sekutu utama Korut selain Rusia.

Sejumlah pakar teknologi militer menyatakan jika pesawat nirawak Korea Utara serupa dengan drone bunuh diri Pasukan Pertahanan Israel (IDF), IAI Harop dan HERO 30.

Selain itu, drone bunuh diri Israel ini juga sangat mirip dengan Lancet-3 milik Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF).

Profesor Cho menyatakan bahwa kemunculan drone bunuh diri Korut adalah ancaman nyata yang tidak bisa dianggap remeh. Cho khawatir, serangan drone Korut akan menimbulkan dampak yang sangat merusak di pihak Korea Selatan.

VIVA Militer: Drone bunuh diri IAI Harop militer Israel

Photo :
  • defensenews.com

"Ini merupakan ancaman signifikan terhadap keamanan nasional Korea Selatan dan fasilitas pentingnya. Mereka (Korut) menunjukkan bahwa mereka punya kemampuan untuk melakukan segala hal, dari tingkat taktis hingga tingkat strategis," ujar Cho.

"Jika terjadi provokasi atau konflik internasional, tentara Korea Selatan pasti akan mengalami kerusakan signifikan akibat pesawat tanpa awak bunuh diri ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya