Peristiwa Tak Diduga 3 Jenderal Mantan Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad saat Mutasi Besar TNI AD

VIVA Militer: Mutasi 12 pati TNI AD
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Perombakan besar-besaran pejabat penting di tubuh TNI Angkatan Darat baru saja terjadi, 12 perwira tinggi pemegang jabatan strategis diganti serempak, kemarin.

Panglima TNI Ganti Pangdam Siliwangi dan Pangdam Pattimura

Pergantian 12 pejabat TNI AD itu terjadi setelah terbitnya Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto menerbitkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/851/VII/2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI tertanggal 24 Juli 2024.

Namun dalam perombakan besar kali ini VIVA Militer melihat ada yang sangat menarik untuk dikupas, mau tahu apa itu. Simak ulasan berikut?.

TNI Berduka, Kapten Hemat Sinaga Meninggal Dunia

VIVA Militer: Mutasi 12 pati TNI AD

Photo :
  • Dispenad

Dalam daftar 12 nama pejabat TNI AD yang dimutasi oleh Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, ada 3 nama pati yang ternyata mereka ini dahulunya saat masih berpangkat Mayor promosi ke Letnan Kolonel, sama-sama pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri Para Raider 305/Tengkorak, itu lho pasukan elite lintas udara Kostrad yang pernah mengukir sejarah menyelamatkan panji Siliwangi.

Horor, Jet Tempur Rusia Jatuhkan Bom Setengah Ton di Front Timur Ukraina

Siapa saja ketiga pati mantan Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad yang dimutasi Panglima TNI itu?.

VIVA Militer: Mutasi 12 pati TNI AD

Photo :
  • Dispenad

Yang pertama ialah Brigjen TNI Kristomei merupakan orang ke-39 yang pernah menjabat Komandan Pasukan Tengkorak. Nah ia baru saja dimutasi dari jabatan sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) ke Akademi Militer untuk menjabat Komandan Resimen Taruna (Danmentar).

Sedangkan jabatan Kadispenad diserahkan kepada Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, yang baru saja melepas jabatan Kepala Pusat Komando Pengendali Operasi (Kapuskodalops) TNI AD.

VIVA Militer: Pelantikan Brigjen TNI Kristomei

Photo :
  • Dinas Penerangan TNI AD

Yang tak diduga-duga dan cukup unik, ternyata Brigjen TNI Kristomei menjabat Danmentar untuk menggantikan juniornya Brigjen TNI Dwi Sasongko. Mau tahu enggak, Brigjen TNI Dwi Sasongko ini juga mantan Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad. Malah ia yang menggantikan Pak Kristomei saat dipercaya menjabat Komandan Pasukan Tengkorak ke-40.

Brigjen TNI Dwi Sasongko dimutasi dari Danmentar dan ditarik ke Mabesad untuk menjabat Waaslat KSAD Bidang Kermamil.

Ini cerita belum selesai, dalam SK mutasi Panglima TNI yang baru diterbitkan itu, ada satu nama yang juga ternyata pernah jadi Komandan Pasukan Tengkorak. Mau tahu siapakah beliau?.

VIVA Militer: Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru

Photo :

Beliau adalah Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru. Beliau ini seniornya Pak Kristo dan Pak Dwi, beliau lulusan Akmil 1993, sedangkan Pak Kristo dan Pak Dwi lulusan Akmil 1997 dan 1998.

Brigjen TNI Christian Kurnianto Tehuteru ini adalah Komandan Pasukan Tengkorak ke-37, alias dua klik di atas Brigjen TNI Kristomei. Pada mutasi kali ini, Brigjen TNI Christian K Tehuteru naik jabatan, ia melesat dari jabatan Wakil Asisten Operasi KSAD Bidang Perencanaan Operasi menjadi Asisten Operasi KSAD menggantikan Mayjen TNI Dian Sundiana yang akan segera purna bakti.

Baca: 5 Kali Gagal Masuk TNI, Anak Yatim Piatu Ini Nekat Ngadu ke Jenderal

Dudung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya