Luncurkan Suar, Jet Tempur China Tebar Teror di Atas Pesawat Militer Filipina

VIVA Militer: Jet tempur China jatuhkan flare di atas pesawat militer Filipina
Sumber :
  • taiwanplus.com

VIVA – Sebuah insiden yang melibatkan jet tempur militer China dan pesawat Angkatan Bersenjata Filipina, terjadi di atas Karang Scarborough (Huangyan Dao), Laut China Selatan.

TNI Berduka, Kapten Hemat Sinaga Meninggal Dunia

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari media yang dikendalikan Partai Komunis China, Global Times, pesawat NC-212 militer Filipina disebut telah menerobos wilayah udara China secara ilegal.

Informasi tersebut dirilis oleh Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA), Sabtu 16 Agustus 2024. 

Horor, Jet Tempur Rusia Jatuhkan Bom Setengah Ton di Front Timur Ukraina

"Pesawat NC-212 milik Angkatan Udara Filipina itu secara ilegal menyusup ke wilayah udara di atas Huangyan Dao di Laut Cina Selatan," bunyi pernyataan Komando Teater Selatan PLA. 

VIVA Mliter: Pesawat NC-212 Angkatan Udara Filipina

Photo :
  • pitzdefanalysis.net
Bela Rusia, Tentara Bayaran Kamerun Bertahan 12 Hari Hadapi Gempuran Ukraina

Lebih lanjut komando militer China itu menyebut bahwa pesawat tersebut sudah berkali-kali mendapat peringatan, namun sama sekali tidak mempedulikannya.

"(Pesawat militer Filipina) mengganggu kegiatan pelatihan rutin China meskipun telah berulang kali diperingatkan oleh pihak China," lanjut pernyataan tersebut.

Pernyataan Komando Teater Selatan muncul setelah sebelumnya Angkatan Bersenjata Filipina lebih dulu mengajukan protes terhadap pemerintah China.

Militer Filipina mengklaim dua jet tempur China telah melakukan manuver berbahaya, dengan meluncurkan suar di jalur terbang pesawat NC-212 miliknya.

Militer Filipina juga menuding pesawat tempur China telah mengganggu operasi penerbangan yang sah, dan melanggar hukum internasional terkait keselamatan penerbangan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya