Tank Canggih Challenger Inggris Ikut Gempur Pasukan Rusia di Front Kursk

VIVA Militer: Tank Tempur Utama (MBT) Challenger 2 buatan Inggris
Sumber :
  • bbc.com

VIVA – Salah satu faktor penentu keberhasilan serangan lintas batas militer Ukraina di Oblast (Provinsi) Kursk, Rusia, adalah pasokan persenjataan dari negara-negara Barat. Salah satunya dari Inggris, yang mengirim Tank Tempur Utama (MBT) Challenger 2.

Tampang Pelaku Percobaan Pembunuhan Trump di Lapangan Golf

Kementerian Pertahanan Inggris mengungkap jika tank Challenger 2 kirimannya telah digunakan oleh militer Ukraina, untuk menyerbu Kursk dan wilayah lainnya.

Sebagai salah satu negara yang mendukung perlawanan terhadap invasi Rusia, Inggris menegaskan bahwa Ukraina memiliki hak penuh untuk menggunakan senjata pasokannya untuk mempertahankan diri.

461 Prajurit Baru Marinir Perkuat Korps Baret Ungu TNI AL

Kementerian Pertahankan Inggris memastikan, penggunaan senjata yang dikirimnya ke Kiev seperti tank Challenger 2 adalah serangan yang sah.

VIVA Militer: Tank Tempur Utama (MBT) Challenger 2 militer Ukraina

Photo :
  • defence-blog.com
TNI Berduka, Teman AHY di Akmil 2000 Kolonel Awang Danuarto Meninggal Dunia

"(Ukraina memiliki) hak yang jelas untuk menggunakan senjata yang dipasok Inggris, untuk pertahanan diri terhadap serangan ilegal Rusia," bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Inggris

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari BBC, kementerian tersebut menyatakan bahwa militer Ukraina bisa menggunakan rudal anti-tank, artileri, kendaraan lapis baja, dan senjata lain yang disumbangkan Inggris.

Akan tetapi, penggunaan senjata kiriman Inggris harus sesuai dengan hukum internasional.

"Itu tidak menghalangi operasi di dalam Rusia. Kami menjelaskan dengan jelas selama proses pemberian hadiah bahwa peralatan tersebut harus digunakan sesuai dengan hukum internasional," kata Kementerian Pertahanan Inggris.

Akan tetapi, Kementerian Pertahanan Inggris mengecualikan penggunakan rudal jelajah Storm Shadow. Sebab, rudal itu dipasok dengan syarat tidak akan ditembakkan ke sasaran yang berada di wilayah Rusia.

Storm Shadow memiliki basis peluncuran pesawat tempur, tetapi memiliki jangkauan lebih dari 150 mil (241,4 kilometer). Yang berarti, pilot militer Ukraina harus menjaga jarak lebih jauh dari garis depan.

Dalam data yang dikutip VIVA Militer dari International Institute for Strategic Studies (ISS), saat ini ada 13 unt tank Challenger 2 yang dioperasikan oleh Angkatan Darat Ukraina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya