Hantam Balik, Ribuan Tentara Ukraina Berhasil Terobos Wilayah Rusia

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)
Sumber :
  • alarabiya.net

Moskow, VIVA – Kabar mengejutkan datang dari unit militer Ukraina, yang dikabarkan telah berhasil menerobos wilayah Rusia. Tepatnya di Oblast (Provinsi) Kursk, ribuan tentara Ukraina melancarkan serangan balik secara masif.

Megawati Melawat ke Rusia dan Uzbekistan: Beri Kuliah Umum-Terima Gelar Doktor Kehormatan

Hantaman balik pasukan Ukraina di wilayah Rusia, dikonfirmasi langsung oleh Kepala Staf Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), Jenderal Valery Gerasimov.

Gerasimov juga menyebut jika sekitar 1.000 personel militer Ukraina, scara konstan menggempur unit pasukan perbatasan Rusia. 

Rusia Usir 6 Diplomat Inggris atas Tuduhan Mata-Mata

Targetnya diklaim adalah merebut Distrik Sudzhinsky. Tak hanya itu, pasukan Ukraina juga diyakini memiliki misi untuk merebut Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kursk.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU)

Photo :
  • aljazeera.com
Wow... Rekor Super Cepat, Setahun 4 Jenderal TNI Gonta-ganti Pegang Jabatan Top di Kostrad Ini

Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari Daily Mail, informasi ini disampaikan Gerasimov di depan Presiden Vladimir Putin, dalam pertemuan Dewan Keamanan Rusia, Rabu 7 Agustus 2024.

"Satuan Angkatan Bersenjata Ukraina yang berjumlah hingga 1.000 orang, melakukan serangan untuk merebut sebagian wilayah di distrik Sudzhinsky di wilayah Kursk," ujar Gerasimov.

Namun demikian, Gerasimov menyatakan bahwa pasukan gabungan militer Rusia yang terdiri dari unit penjaga perbatasan, artileri, roket dan penerbangan tempur, berhasil menghentikan gerak maju pasukan Ukraina.

"Melalui tindakan unit penjaga perbatasan negara, serangan udara, pasukan rudal dan tembakan artileri, kemajuan musuh yang jauh ke dalam wilayah ke arah kota Kursk dihentikan," kata Gerasimov melanjutkan.

VIVA Militer: Rumah warga sipil Rusia hancur digempur tentara Rusia

Photo :
  • nbcnews.com

Klaim Gerasimov, militer Ukraina justru menelan kerugian besar di sektor personel dan peralatan. Menurutnya, 54 unit kendaraan lapis baja termasuk di dalamnya tujuh tank, berhasil dieliminasi.

Selain itu, sekitar 100 orang tentara Ukraina dinyatakan terbunuh. Sementara 215 personel lainnya mengalami luka-luka. 

"Lima puluh empat unit kendaraan lapis baja, termasuk tujuh tank, hancur. Operasi akan selesai setelah mengalahkan musuh dan mencapai perbatasan negara," ucap Gerasimov.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya