Drone Bunuh Diri Rusia Gempur Rumania, Perang dengan NATO Dimulai?

VIVA Militer: Serangan drone militer Rusia di Rumanua
Sumber :
  • X/@warintel4u

VIVA – Sebuah pesawat tanpa awak (drone) terbang di wilayah udara Rumania, dan meledak di dekat sebuah desa, Rabu 24 Juli 2024. Drone bunuh diri itu diyakini adalah milik militer Rusia, meskipun pemerintah Bucharest belum mengonfirmasi fakta serangan tersebut.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari Kyiv Post, drone bunuh diri yang meledak diketahui adalah HESA Shahed 136 buatan Iran, di dekat Sungai Danube, Plaura, wilayah tenggara Rumania.

Sejumlah video beredar di akun media sosial X, yang direkam oleh warga Ukraina yang berada di kota pelabuhan Sungai Izmail, tepat di seberang wilayah Plaura.

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

Terlihat jelas api yang menyembur dan kepulan asap membumbung tinggi hingga ratusan meter, pasca ledakan di wilayah Rumania.

VIVA Militer: Drone bunuh diri HESA Shahed 136

Photo :
  • X/@Warmonitor55
Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Militer Ukraina mengklaim jika drone bunuh diri Rusia itu dikendalikan oleh operator yang berada di wilayah Krimea, tak lama setelah melancarkan serangan terbaru di Odesa barat daya, yang dengan Sungai Danube.

Angkatan Udara Ukraina menyatakan telah menjatuhkan 17 unit drone bunuh diri Shahed 136, enam unit drone pengintai dan dua unit drone tempur, dengan rudal anti-pesawat, setelah mengerahkan unit pengacau taktis.

Militer Ukraina juga melaporkan bahwa serangan drone Rusia dimulai sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Otoritas Odesa melaporkan terjadi enam hingga 10 kali ledakan hingga keadaan dinyatakan aman sekitar pukul 03.45.

Dalam laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Ukrinform, sejumlah infrastruktur pelabuhan rusak parah. Satu unit drone bunuh diri Rusia menghantam sebuah bangunan berlantai lima.

Pemerintah daerah Izmail menyatakan tiga orang warga Odesa mengalami luka-luka akibat insiden tersebut. Sejumlah rumah di pemukiman sipil juga mengalami kerusakan. 

Kementerian Pertahanan Rumania kemudian menginstruksikan untuk mengerahkan dua unit jet tempur General Dynamics F-16 Fighting Falcon dari Pangkalan Udara Borcea sekitar pukul 02.19.

Dua jet tempur militer Rumania lepas landas sebagai tanggapan atas serangan drone Rusia di wilayah Izmail. Akan tetapi, kedua pesawat kembali ke pangkalannya setelah situasi aman sekitar pukul 04.20.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya