Kapal Perang Brahmaputra Terbakar dan Terbalik, Seorang Prajurit Hilang

VIVA Militer: Kapal perang F31 Brahmaputra terbalik
Sumber :
  • bulgarianmilitary.com

VIVA – Sebuah kabar mengejutkan datang dari militer India, setelah sebuah kapal perang yang diketahui adalah INS Brahmaputra (F31) terbakar hebat sebelum terbalik di Galangan Kapal Mumbai, Minggu 21 Juli 2024.

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari BulgarianMilitary, kapal perang jenis fregat Angkatan Laut India itu diketahui tengah menjalani proses perbaikan di Galangan Kapal Mumbai.

Setelah kebakaran hebat melanda kapal, unit pemadam kebakaran sebenarnya berhasil mengendalikan api dan memadamkannya pada keesokan harinya.

Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Namun demikian, kapal mulai terguling dan tenggelam setengah sisi dengan cepat. Kapal tersebut tergeletak di dekat dinding peralatan dan hingga saat ini belum dilakukan evakuasi.

VIVA Militer: Kapal perang INS Brahmaputra (F31)

Photo :
  • shipspotting.com
PBB Sebut Situasi Kemanusiaan di Gaza dalam Kondisi yang Sangat Buruk

Menurut laporan lain yang dilansir VIVA Militer dari situs resmi Angkatan Laut India, akibat insiden itu seorang awak kapal dinyatakan hilang.

Sampai saat ini pula, penyebab kebakaran dan terbaliknya kapal perang INS Brahmaputra masih belum diketahui. 

Militer India menduga sejumlah kemungkinan, yakni kesalahan prosedur pemadaman dan kerusakan di lambung kapal. Kabar insiden yang melibatkan kapal perang itu telah sampai ke telinga Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh. 

Singh telah menginstruksikan Kepala Staf Angkatan Laut India, Laksamana Dinesh Tripathi, untuk segera melakukan investigasi dan merinci kerusakan kapal.

VIVA Militer: Kapal perang INS Brahmaputra (F31)

Photo :
  • shipspotting.com

Ini bukan pertama kalinya militer India kehilangan kapal perangnya. Pada 2016 lalu, kapal fregat INS Betwa (F39) juga terbalik saat meninggalkan dok kering, juga di Galangan Kapal Mumbai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya