Sepasang Rudal Termonuklir Rusia Hantam Kharkiv, 2 Pejabat Ukraina Tewas

VIVA Militer: Serangan rudal Rusia di Oblast Kharkiv, Ukraina
Sumber :
  • ria.ru

VIVA – Serangan maut menghantam stasiun kereta api di Desa Budy, Oblast (Provinsi) Kharkiv, Ukraina, Sabtu 13 Juli 2024. Puluhan orang terluka dalam insiden itu, sementara termasuk dua orang pejabat daerah meregang nyawa.

Putin Dukung Kamala Harris di Pilpres AS, Trump 'Speechless'

Dalam laporan yang dilansir VIVA Militer dari Ukrainska Pravda, serangan tersebut terjadi pada siang hari sekitar pukul 15.40. Informasi ini dipublikasikan oleh Kantor Kejaksaan Daerah Kharkiv.

Militer Rusia disebut melancarkan serangan dua kali beruntun, dengan menggunakan rudal balistik berkemampuan termonuklir 9K720 Iskander-M (SS-26 Stone) ke stasiun kereta api.

Luar Biasa, Pilot Muda Asal Cianjur Terbangkan Sendirian Pesawat Tempur TNI Seharga 983 Miliar

Setelah hantaman pertama, sejumlah layanan darurat termasuk paramedis, unit kepolisian dan militer Ukraina tiba di lokasi serangan. Namun demikian, senjata nuklir Rusia kembali mendarat di titik yang sama.

VIVA Militer: Tentara Ukraina melakukan evakuasi usai serangan rudal Rusia

Photo :
  • X/@distant_earth83
Misi Pukul Balik Pasukan Ukraina, Jet Pembom Rusia Bombardir Kursk

Akibatnya, dua orang tewas sementara 23 orang lainnya mengalami luka-luka dengan tingkat parah yang bervariasi. Di dalam daftar medis, terdapat seorang remaja 14 tahun yang ikut menjadi korban luka-luka.

"Pada tanggal 13 Juli, sekitar pukul 15:40, angkatan bersenjata Rusia melancarkan serangan rudal ke stasiun kereta api di desa Budy, Oblast Kharkiv," bunyi pernyataan Kantor Kejaksaan Daerah Kharkiv.

"Setelah layanan darurat tiba, pasukan Rusia menggunakan taktik serangan ketuk ganda dan menembakkan rudal ke lokasi yang sama persis," lanjut pernyataan tersebut.

Kedua orang korban tewas dipastikan adalah Kepala Departemen Distrik dari Layanan Darurat Negara, Artem Kostyria, dan anggota Departemen Kepolisian Distrik Kharkiv, Oleksii Koshchii.

Selain menimbulkan korban, serangan militer Rusia jufa merusak fasilitas dan infrastruktur kereta api. Termasuk di dalamnya sejumlah bangunan perumahan dan kendaraan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya