Laknat, Tentara Israel Hancurkan Masjid Ibnu Utsman Gaza

VIVA Militer: Masjid Ibnu Utsman Gaza hancur diantam rudal Israel
Sumber :
  • aljazeera.com

VIVA – Tentara Israel kembali menghancurkan situs bersejarah sekaligus rumah ibada umat Islam Palestina, Masjid Ibnu Utsman (Ibn Uthman), di wilayah Shejaiya, Rabu 3 Juli 2024.

Potret Gereja di Gaza 'Disulap' Jadi RS Karena Kekurangan Fasilitas Medis

Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari Quds Press, serangan udara militer Israel seketika mengubah masjid yang dibangun Dinasti Burji pada abad ke-15 menjadi puing-puing.

Jet-jet tempur Israel menembakkan sejumlah rudal yang terletak di pusat kota Gaza, sepekan setelah pasukan zionis melancarkan serangan brutal ke wilayah Shejaiya.

Lolos Jadi Prajurit TNI, Pemuda Ini Menangis Peluk Ibunya di Depan Jenderal Kakap Marinir

Masjid Ibnu Utsman adalah masih terbesar kedua di Jalur Gaza, setelah Masjid Agung Al-Omari yang terletak di wilayah Al-Daraj di pusat kota Gaza. Masjid ini merupakan salah satu bukti sejarah Islam otentik di daerah tersebut.

VIVA Militer: Masjid Ibnu Utsman Gaza hancur diantam rudal Israel

Photo :
  • X/@AbuJamal64741
Balas Dendam Komandannya Tewas, Hizbullah Luncurkan 200 Rudal ke Wilayah Israel

Sejumlah akun media sosial mengunggah foto yang membandingkan kondisi Masjid Ibnu Utsman, sebelum dan sesudah serangan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Ini bukan yang pertama kali serangan tentara zionis menyasar Masjid Ibnu Utsman. Sebelumnya masjid ini juga jadi sasaran pembongkaran pasukan Israel.

Masjid ini juga dianggap militer Israel sebagai pusat konfrontasi bersenjata pada saat Gerakan Intifada Pertama, yang meletus pada Desember 1987 silam.

Total masjid ini memiliki luas 2.000 meter persegi. 400 meter persegi di antaranya merupakan halaman utama, yang di dalamnya terdapat dua pintu gerbang utama, yang menghadap ke pasar Shejaiya.

Menurut laporan lain yang dikutip VIVA Militer dari Kantor Berita Turki, Anadolu Agency, sejak agresi militer Israel dilancarkan pada 7 Oktober 2023, ada sekitar 1.000 masjid yang hancur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya