2 Kapal Perang Dilibas Drone Ukraina, Komandan Armada Laut Hitam Rusia Dipecat

VIVA Militer: Komandan Armada Laut Hitam Rusia, Laksamana Viktor Sokolov
Sumber :
  • nbcnews.com

VIVA – Tenggelamnya kapal perang Cesar Kunikov (BDK-64) akibat serangan drone permukaan militer Ukraina, menyudutkan nama Laksamana Viktor Sokolov. Komandan Armada Laut Hitam Angkatan Laut Rusia (VMF) resmi dicopot dari jabatannya, Kamis 15 Februari 2024.

Licik, Netanyahu Kirim Bos Intelijen Israel Buat Negosiasi dengan Hamas

Dilansir VIVA Militer dari saluran Telegram dengan nama Rybar, Sokolov dikabarkan telah dipecat pasca serangan drone Magura V5 terhadap kapal perang Cesar Kunikov, di lepas pantai Republik Otonomi Krimea, Rabu 14 Februari 2024.

"Komandan Armada Laut Hitam Rusia, Laksamana Viktor Sokolov, telah dipecat setelah armadanya mengalami kerugian lagi pada hari Rabu," bunyi pernyataan Rybar.

Laknat, Tentara Israel Hancurkan Masjid Ibnu Utsman Gaza

Kanal Telegram yang berafiliasi dengan Kementerian Pertahanan Rusia itu memastikan, alasan kuat pemecatan Sokolov adalah karamnya kapal pendarat kelas Ropucha, Cesar Kunikov.

VIVA Militer: Komandan Armada Laut Hitam Rusia, Laksamana Viktor Sokolov

Photo :
  • pravda.com.ua
Oknum Prajurit TNI Buka Lapak Judi dan Bakar Rumah Wartawan di Karo, Kodam I/BB: Itu Tidak Benar

"Ada perubahan dalam Armada Laut Hitam,” setelah pasukan Ukraina menghancurkan kapal pendarat Caesar Kunikov Rusia minggu ini," lajut pernyataan Rybar.

Pasca pemecatan Sokolov, posisi komandan disebut akan diserahkan kepada Kepala Staf Armada Laut Hitam, yang dijabat oleh Laksamana Madya Sergei Pinchuk.

“Menurut informasi awal, Komandan Sokolov dipecat, dan tugas komandan Armada Laut Hitam dilakukan oleh Kepala Staf Armada Laut Hitam," kata saluran Rybar.

Hingga informasi pemakzulan Sokolov dari jabatannya, Kementerian Pertahanan dan Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF) masih belum memberikan pernyataan resminya.

VIVA Militer: Kapal perang Cesar Kunikov Rusia meledak diserang drone Ukraina

Photo :
  • Youtube

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, kapal perang Cesar Kunikov adalah unit kedua yang berhasil ditenggelamkan oleh militer Ukraina. Pada 1 Februari lalu, Armada Laut Hitam Rusia juga kehilangan kapal perang jenis korvet dengan rudal kendali nuklir kelas Tarantul III, R-334 Ivanovets (954).

Kapal perang Ivanovets yang tengah membawa empat rudal nuklir Rusia, P-270 Moskit dengan berat total 16 ton, meledak dan tenggelam saat berada di Danau Donuzlav, Krimea, juga akibat serangan drone Ukraina.

Khusus bagi Armada Laut Hitam, Cesar Kunikov adalah kapal kelas pendarat kelima yang berhasil dirusak oleh tentara Ukraina selama agresi militer Rusia yang berlangsung sejak 24 Februari 2022. 

Sementara, Angkatan Bersenjata Ukraina (AFU) mengklaim telah menghancurkan 33 persen kapal perang Rusia, yang dioperasikan Armada Laut Hitam Rusia. 

VIVA Militer: Komandan Armada Laut Hitam Rusia, Laksamana Viktor Sokolov

Photo :
  • sputniknews.com

Lewat Pusat Komunikasi Strategis (StratCom), militer Ukraina mengonfirmasi keberhasilannya tersebut pada 6 Februari 2024. Total ada 24 kapal perang dan satu unit kapal selam rusak atau karam akibat serangan pasukan Ukraina.

Sokolov sendiri menjabat sebagai Komandan Armada Laut Hitam Rusia sejak 17 Agustus 2022, menggantikan posisi Laksamana Igor Osipov, yang juga dicopot akibat hancurnya kapal perang Moskva dan serangan Ukraina ke lapangan terbang Saky di Krimea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya